Ini Kegiatan Kodim Tabanan Saat Hari Raya Idul Fitri

Sosial Tabanan
Ini Kegiatan Kodim Tabanan Saat Hari Raya Idul Fitri

TABANAN, Kilasbali.com – Di saat Umat Islam merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah yang merupakan hari kemenangan dan hari yang Fitri, jajaran Kodim 1619/Tabanan tidak saja memonitor kondusifitas wilayah tugasnya, tetapi juga melakukan kegiatan membantu masyarakat di wilayah binaan. Seperti halnya pada Minggu (24/05/2020), ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Para Babinsa dari Koramil Jajaran Kodim 1619/Tabanan.

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto mengatakan, Babinsa Koramil 1619-01/Tabanan, Desa Delod Peken Sertu Gusti membantu pembagian Bantuan Sosial Tunai atau BST dari Kementerian Sosial RI dengan indeks masing-masing Rp600 ribu, yang diperuntukan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bertempat di Gedung Ketut Mario.

“BST ini dibagikan untuk masing-masing desa di Kecamatan Tabanan periode April 2020-Juni 2020,” tegasnya.

Lanjutnya, di Banjar Bangal Desa Mundeh, Babinsa Koramil 1619-02/Selemadeg Sertu Ida Bagus Kade Mertawijaya bersama Bhabinkamtibmas membantu penyerahan Sembako bantuan Satgas Gotong-royong COVID-19 kepada 6 orang Jero Mangku atau pemuka agama dengan natura berupa beras 35 kilogram, minyak goreng 4 liter dan telur 2 krat yang diperuntukan kepada warga masyarakat yang terkena dampak COVID-19.

Baca Juga:  Ini Dia Tiga Kandidat Bakal Cawabup Tabanan dari Partai NasDem

Sementara di Dusun Cempaka, Desa Lumbung Selemadeg Barat, Babinsa Koramil 1619-02/Selemadeg. Serda Herman Tae bersama Bhabinkamtibmas membantu penyerahan atau penyalauran Sembako kepada masyarakat yang juga terdampak Pandemi COVID-19.

“Bantuan Sembako ini berasal dari Yayasan Sinar Nurani yang secara simbolis langsung diserahkan kepada Bendesa Adat Cempaka yang kemudian didistribusikan oleh muda-mudi Banjar Cempaka, Desa Lumbung kepada 98 warga yang berhak menerima bantuan tersebut,” ungkap Dandim.

Babinsa Koramil 1619-03/Pupuan bersama Bendesa Adat Desa Sanda dan Para Prajuru Desa Adat Sanda, Kepala Desa Sanda, relawan gotong royong COVID-19 membantu pembagian BPNT desa adat berbentuk Sembako senilai Rp 500.000 berupa 25 kilogram beras kualitas 1, telur 2 krat (60 butir), minyak goreng kemasan 2 liter, 1 dos mie instan, 2 kilogram gula pasir dan 1 kotak teh celup.

Baca Juga:  Dikemas Sederhana, DPC PDIP Tabanan Gelar Puncak Perayaan Bulan Bung Karno

Dari Koramil 1619-04/Kediri, Babinsa Desa Abian Tuwung Sertu Nengah Renata membantu pembagian Sembako kepada warga masyarakat yang berasal dari Desa Adat Abian Tuwung.

Ada juga Babinsa Koramil 1619-04/Kediri lainnya Koptu Ketut Partana bersama Dinas Sosial membantu pelaksanakan kegiatan pencairan dana BST bertempat di Aula Kantor Camat Kediri, sesuai jadwal yang ditetapkan oleh Kantor Pos Kediri terdiri dari BST 10 Desa yang ada di wilayah Kediri dengan total peerima BST sejumlah 957 orang.

Tidak ketinggalan juga di Balai Banjar Basang Be Desa Perean Kangin Kecamatan Baturiti, Babinsa Koramil 1619-07/Baturiti Pelda Ketut Aryanta bersama Perbekel dan Bhabinkamtibmas membantu pembagian paket Sembako dari Desa Adat Banjar Basang Be dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat yang terdampak akibat Pandemi COVID-19 berupa 5 kilogram beras,1 liter minyak goreng, 10 butir telur, 5 bungkus mie instan, ,2 buah masker. Indeks Sembako tersebut seharga Rp 100.000, sementara jumlah penerima sebanyak 105 Kepala Keluarga.

Baca Juga:  Siap Dibuka, Sekda Tinjau Bali Safari and Marine Park dan Pura Tirta Empul

Dandim Toni Sri Hartanto menjelaskan personelnya yang ada di lapangan dalam hal ini Para Babinsa yang merupakan ujung tombak sangat intens membantu aktifitas aparat lainnya dan masyarakat utamanya dalam situasi keprihatinan kita menghadapi Pandemi COVID-19.

“Kita bahu membahu bersama berbagai elemen masyarakat untuk menghadapi kondisi saat ini dan berharap COVID-19 cepat berlalu dan kita dapat beraktifitas dengan normal,” pungkasnya. (jus/kb)