Ini Proses Pemadaman Kebakaran di Gunung Batukaru

Peristiwa Tabanan
Foto: Proses pemadaman api di Hutan Gunung Batukaru.

TABANAN, Kilasbali.com – Babinsa Desa Wongaya Gede Ramil 1619-08/Penebel Kodim 1619/Tabanan an. Sertu I Gede Putu Suparta Wijaya  bersama Bhabinkamtibmas an. Aiptu I Wyn Mediastra melakukan pendakian Gunung Batukaru untuk padamkan api  bersama masyarakat Wangaya Gede, Penebel, Tabanan pada Senin (12/8/2019) malam.

Sertu I Gede Putu Suparta menuturkan, kebakaran hutan di lereng Gunung Batukaru diketahui sekitar pukul 22.00 wita oleh warga, dan selanjutnya berita menyebar di masyarakat.

Mengetahui kejadian itu, Babinsa bersama Babinkamtibmas dan aparat Desa Wongaya Gede mengambil tindakan dengan mengumpulkan masyarakat di areal Parkir Pura Luhur Batukaru.

“Setelah berkoordinasi dengan aparat dan masyarakat setempat, selanjutnya diadakan pemberangkatan ke Puncak Kedaton dengan jumlah sekitar 50 orang untuk upaya pemadaman,” tuturnya.

Kemudian, pada hari Selasa 13 Agustus 2019 sekitar pukul 03.00 wita, rombongan sampai di lokasi kebakaran yang berada di puncak dan saat itu langsung diadakan upaya pemadaman.

“Kobaran api pun sudah mulai berkurang dan berangsur padam, namun bara api masih menyala dan angin di atas puncak sangat kencang, sehingga bara api susah dimatikan,” sebutnya.

“Apalagi posisi kebakaran di perengan timur Pura  Kedaton yang sangat terjal menyulitkan tim untuk memadamkannya karena akar paku sangat tebal sehingga api masuk ke dalam,” lanjutnya

Ditambahkannya, upaya pemadaman di lokasi Kebakaran di puncak Gunung Batukaru selesai pukul 05.00 wita, dilanjutkan dengan perjalanan turun gunung karena situasi yang sangat dingin dan angin kencang. Akhirnya tim tiba dengan selamat di Pujungan, Pupuan pukul 07.30 wita.

“Syukurlah api segera padam sehingga tidak merembet dan meluas. Itu berkat seijin Tuhan Yang Maha Esa dan keterlibatan seluruh warga dan relawan,” ucap syukur Suparta.

Foto: Proses pemadaman api di Hutan Gunung Batukaru.

Sementara Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto yang ingin mengetahui secara langsung lokasi kejadian tersebut langsung mendaki Gunung Batukaru untuk meninjau lokasi kebakaran pada hari Selasa (13/8/2019) pagi bersama anggota dan masyarakat setempat kemudian disusul tim dari Polres Tabanan dan BPBD Kab. Tabanan.

“Sebab-sebab kebakaran belum diketahui, Upaya Pemadaman tadi malam selain dari Jalur Wangaya Gede juga dilaksanakan oleh warga dan relawan Desa Pujungan dari jalur Pujungan Kec Pupuan, saat ini api sudah padam tinggal bara-bara kecil yang perlu dituntaskan,” tegas Dandim dari lokasi Kebakaran. (rls/kb)