Jelang Hut Ke 74 TNI, Kodim Karangasem Bersama Masyarakat Gelar Karya Bakti Bersih Sampah Plastik

Karangasem Sosial

KARANGASEM, Kilasbali.com – Karya Bakti bersih-bersih sampah plastik yang dimotori oleh Kodim 1623/Karangasem bersama Pemerintah Kabupaten Karangasem dan elemen masyarakat lainnya mendapatkan apresiasi positif.

Hal tersebut disampaikan Staf ahli Bupati Karangasem, Made Sosiawan yang mengatakan Pemerintah Kabupaten Karangasem sangat mengapresiasi karya bakti yang dilakukan Kodim 1623/Karangasem bersama semua komponen masyarakat yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Kami mengapresiasi dan mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk senantiasa mendukung kegiatan seperti ini,” ungkap Made Sosiawan.

Kegiatan seperti Ini merupakan wujud dari upaya pengurangan sampah plastik dan diharapkan ke depan kegiatan-kegiatan seperti ini agar terus menerus dilaksanakan.

Sebagaimana diketahui kegiatan karya bakti tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke 74 TNI tahun 2019, yang dipimpin langsung Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa.

Kegiatan karya bakti pembersihan sampah plastik dilaksanakan di beberapa titik di wilayah Kabupaten Karangasem pada, Sabtu (21/09/2019).

Adapun sasaran pembersihan sampah plastik kali ini dilaksanakan di beberapa tempat yaitu di Lapangan Melawa, Pasar Telaga, Kalanganyar, Pasar Sibetan, Pasar Desa Bungaya, Pasar Desa Bungaya Kangin, Pasar Desa Budakeling, Pasar Desa Pengadangan Jungutan, Pantai Labuan Amuk, Pantai Buitan, Pantai Mendira, Sanghyang Ambu, Pantai Candidasa, Pantai Samuh, Pura Besakih, Pura Pesaban, Pasar Sidemen dan di Dusun Kubu Kangin.

Dalam sambutannya Dandim mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab dan Polres Karangasem serta seluruh masyarakat Kabupaten Karangasem dalam pelaksanaan kegiatan karya bakti ini.

Untuk diketahui bahwa kegiatan bersih sampah plastik ini dilakukan serentak di seluruh wialayah Bali dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke 74 TNI.

Khususnya Karangasem sebagai destinasi wisata harus tetap dalam kondisi bersih agar terlihat lebih asri dan nyaman bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain itu, Dandim juga mengajak seluruh masyarakat untuk membudayakan pola hidup sehat dan bersih yang diawali dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan serta melaksanakan sosialisasi di sekolah-sekolah maupun lingkungan melalui para Babinsa, Bhabinkamtibmas terutama masalah sampah plastik agar dibuang di tempat yang benar dan mengurangi penggunaan sampah plastik mengingat sampah plastik membutuhkan waktu yang lama untuk diurai.

Hadir pada kegaitan tersebut antara lain, Staf Ahli Bupati Karangasem Made Sosiawan, Anggota DPR Provinsi Bali dari PDIP I Nyoman Oka Antara, Perwira Staf, Para Danramil Jajaran Kodim 1623/Karangasem, Kapolsek Kota Kompol I Negah Brata, S.H., Camat Karangasem Cokorda Alit Surya Perbawa. S., STP., Sekretaris Persatuan Hotel Republik Indonesia Ida Bagus Widana, Dinas Ligkungan Hidup diwakili Kadek Yuliati, Perwakilan OPD Kabupaten Karangasem, Manajer Villa Ujung Eber Hardus Aemeka, Siswa-Siswi SMK TI Bali Global, Siswa Saka Wira Kartika, Siswa Monacrh Candidasa, Komunity Trasero, Sekolah Medi (Mediterania), serta masyarakat setempat. (*KB)