Jelang Idul Adha, Petugas Periksa Hewan Kurban

Jembrana
Foto: Petugas saat memeriksa hewan kurban.

JEMBRANA, Kilasbali.com – Jelang pemotongan hewan kurban pada hari raya Idul Adha yang jatuh pada Minggu, tanggal 11 Agustus 2019 ini, Petugas dari Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan-Kesmavet) Kabupaten Jembrana turun melakukan pemeriksaan gratis hewan kurban secara serentak di lima kecamatan.

Salah satunya di lokasi pedagang hewan kurban di Banyubiru, Kecamatan Negara. Petugas memeriksa sedikitnya 5 ekor sapi 21 ekor kambing. Dari hasil pemeriksaan fisik yang dilakukan, petugas memastikan seluruh hewan kurban sehat.

Kepala Bidang Keswan-Kesmavet Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana, I Wayan Widarsa mengatakan, pemeriksaan antemortem hewan kurban dilakukan terhadap fisik keseluruhan.

Mulai dari bentuk fisik, mata, pernafasan, pencernaan, hingga alat reproduksi. Ia menyebut alat reproduksi memang menjadi salah satu item penting.

“Hewan kurban yang dipotong juga harus dalam kondisi normal yakni hewan tidak dikebiri. Sebelum dipotong dan dikonsumsi, hewan kurban sapi harus dipastikan tidak terpapar dari penyakit,” jelasnya, Jumat (9/8/2019).

Sedangkan untuk kambing, dipastikan tidak terserang penyakit pneumonia dan penyakit pernafasan. “Pemeriksaan ini penting dilakukan, agar tidak ada penyakit,” ujarnya.

Menurutnya pemeriksaan kesehatan ini tidak hanya sebatas pemeriksaan fisik saja. Sebelum daging kurban disebarkan ke masyarakat menurutnya juga akan ada pemeriksaan organ dalam atau postmortem.

“Kami akan menyebar petugas di masing-masing kecamatan pada saat penyembelihan untuk memeriksa daging dan organ dalamnya,” ujarnya seraya menambahkan, pemeriksaan saat pemotongan hewan kurban ini juga penting dilakukan untuk memastikan daging tidak bermasalah dan layak dikonsumsi. (gus/kb)