Jurus Vietnam Tekan Pandemi Corona, Nol Kematian Pasien

Denpasar
Foto: Lukisan dr. Bagus Darmayasa, Gadis Vietnam Bersepeda.

DENPASAR, Kilasbali.com – Pemerintah Vietnam hingga Selasa (24/3/2020) belum mencatatkan korban meninggal akibat virus corona (Covid-19). Sementara data terbaru menunjukkan jumlah orang terinfeksi corona di Vietnam berjumlah 123 orang.

Pada pertengahan Februari lalu, Vietnam bahkan mampu menyembuhkan seluruh pasien yang terinfeksi virus corona.

Sebanyak 16 pasien tersebut kemudian diperbolehkan pulang dari rumah sakit saat itu. Vietnam mampu meredam penyebaran virus ini hingga awal Maret.

Baca Juga:  Pemprov Bali dan Kemenkes Berkolaborasi

Mereka sama sekali tidak mendeteksi adanya kasus baru dari 13 Februari hingga 6 Maret 2020. Di hari berikutnya, barulah pemerintah melaporkan dua kasus baru.

Meski belum menemukan obat untuk menyembuhkan Covid-19, protokol kesehatan yang diadopsi Vietnam nampaknya berhasil menilai infeksi dan tingkat keparahan virus, sehingga dapat menyembuhkan pasien.

Pertama, para dokter diharuskan untuk mengobati gejala virus seperti menangani demam.

Baca Juga:  PAC dan Kader 'Tancap Gas' Menangkan Jaya-Wira

Kedua, pasien diwajibkan menjalani diet ketat dan bergizi. Ketiga, memonitor tingkat penyerapan oksigen dalam darah pasien.

Pada awal munculnya virus ini di Wuhan China, Kementrian kesehatan Vietnam sudah menganggap hal ini serius.

Pemerintah setempat segera membuat aturan & himbauan untuk warganya agar memakai masker, stay at home, dan menjaga kebersihan serta pola hidup sehat. Terbukti Vietnam berhasil, karena disiplin.

Baca Juga:  Tingkatkan Disiplin, Kasus Meninggal Capai 179 Jiwa

oleh: dr. Bagus Darmayasa