Kelurahan Panjer Lakukan “Jemput Bola” Vaksinasi Lansia

Denpasar News Update
Vaksinasi lansia

DENPASAR, Kilasbali.com – Kelurahan Panjer Kecamatan Denpasar Selatan melaksanakan vaksinasi Covid-19 massal kepada lansia, mulai hari ini Senin (5/4/2021) hingga Rabu (7 /4/2021) dengan cara jemput bola.

Lurah Panjer I Made Suryanata mengatakan vaksinasi jemput bola bagi para lansia yang ada di kelurahan Panjer khususnya, dan umumnya yang berada di wilayah Densel I yang meliputi Kelurahan Panjer, Sesetan, dan Sidakarya.

Untuk Kelurahan Panjer, menurut Suryanata dilakukan di 2 lokasi yakni di Banjar Kaja dan Wantilan Desa Adat Panjer, dengan sasaran lansia berjumlah 2.006 orang dari 9 lingkungan. Disamping lansia, vaksinasi massal ini juga melibatkan tenaga pendidikan dan prajuru desa setempat.

Baca Juga:  Update Penanggulangan Covid-19, Jumat 16 April 2021

Vaksinasi di Banjar Kaja melayani warga dari 4 Banjar yakni Br. Kaja, Celuk, Tegal Sari, dan Manik Saga. Sedangkan di Wantilan Desa Adat Panjer diikuti warga dari 5 Banjar yakni Banjar Kangin, Antap, Bekul, Sasih, dan Kertha Sari.

“Sasaran di Densel I masih jauh dibawah harapan, baru 33 persen. Sehingga Kepala Puskesmas Densel I mengambil sikap untuk melaksanakan jemput bola. Karena sasarannya lansia mungkin datang ke puskesmas jadi kendala. Sehingga dilakukan jemput bola untuk mendekatkan pelayanan,” ucap Suryanata.

Kegiatan vaksinasi massal untuk lansia ini juga mendapat apresiasi dari Walikota Denpasar IGN Jaya Negara.

Baca Juga:  MyRepublic Resmi Perluas Layanan Internet Tanpa Batas Hingga ke Bali

Pada kunjungannya ke lokasi vaksinasi di Banjar Kaja Panjer, Walikota Jaya Negara memberikan apresiasi karena pelayanan vaksinasi kepada lansia dilakukan secara jemput bola sehingga pelayanan menjadi lebih dekat dengan sasaran.

Disamping itu, apresiasi juga diberikan Walikota karena vaksinasi massal ini juga melibatkan tenaga pendidik dan para prajuru desa.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Densel I
dr.AA Ngurah Gede Dharmayuda mengatakan pihaknya bergerak berdasarkan data. Khusus Densel I cakupannya masih cukup rendah baru 33 persen, padahal vaksinasi lansia harus tuntas sampai bulan Juni ini.

Baca Juga:  PHDI Bali Bersama Kapolda Bali Bahas Video Dugaan Pelecehan Agama Hindu

“Oleh karena itu tidak ada cara lain, kita harus merangkul semuanya dengan cara jemput bola. Yang menjadi kendala selama ini, lansia jika ke puskesmas tidak ada yang mengantar. Jadi dengan dibuka pelayanan di tempat yang paling dekat, kita harapkan lansia lebih terfasilitasi,” imbuhnya.(sgt/kb)