Kepala BNPB : Covid-19 Belum Usai, Bersiap Ubah Kedaruratan Jadi Ketahanan

Denpasar News Update
Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito

DENPASAR, Kilasbali.com – Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito mengatakan, Covid-19 yang tidak bisa diprediksi kapan berakhir. Dengan demikian, masyarakat harus menyikapi kondisi ini dengan mengubah kedaruratan menjadi ketahanan.

“Untuk itu kita harus bisa hidup berdampingan dengan Covid dalam arti mengubah pandemi menjadi endemi, mengubah kedaruratan menjadi ketahanan, sehingga bisa beraktifitas dengan baik. Dalam hal ini harus disiplin dengan prokes,” sebutnya disela-sela kunjungan kerjanya, di Denpasar, Jumat (20/8/2021).

Letjen TNI Ganip Warsito yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nasional ini menambahkan terdapat 3 pilar yang harus ditekankan dalam penanganan Covid-19.

Baca Juga:  Kelurahan Panjer Tuntaskan Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua Bulan September

“Pilarnya ada 3, pertama disiplin protokol kesehatan, kedua 3T (Testing, Tracing, Treatment) harus tinggi, dan ketiga adalah vaksinasi,” ucapnya.

Sementara itu, terkait pelaksanaan Liga 1, Letjen Ganip menyebut jika Liga dilaksanakan yang jelas harus mengikuti aturan-aturan protokol kesehatan yang berlaku. Contohnya pemain atau tim sudah mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis lengkap, sehari sebelum pertandingan minimal sudah harus dites swab antigen atau PCR.

“Ini syarat mutlak. Kemudian Liga ini dilaksanakan tanpa penonton,” tegasnya.

Baca Juga:  Pemberlakuan Ganjil Genap Diminta Dikaji Kembali

Sedangkan terkait pelaku pemalsuan surat keterangan rapid test menurutnya sanksi bagi pelaku adalah sesuai dengan proses hukum yang berlaku.

“Semua sudah ada ketentuan hukumnya. Entah itu menyangkut pidananya,” pungkasnya.(sgt/kb)