Kepulangan Pelaut Lancar, KPI Cabang Bali Apresiasi Satgas Covid-19 Provinsi Bali

Denpasar
Foto/fb dewa susila: Para pelaut tampak naik bus Transarbagita yang telah disiapkan Satgas Covid-19 Provinsi Bali.

DENPASAR, Kilasbali.com – Ketua Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) Cabang Bali, Dewa Putu Susila menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada team Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali, serta seluruh steakholder dan instansi terkait.

Pihakanya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pelaut Bali yang sudah bekerjasama dalam proses kedatangan, khususnya saar mengikuti protokoler yang ditentukan oleh Pemerintah Provinsi Bali.

“Kami mengimbau kepada seluruh pelaut Bali yang sudah berada di Bali maupun yang masih berada di atas kapal untuk selalu bersabar dalam menyikapi situasi dan kondisi saat ini,” ujar Dewa Susila, Jumat (3/4/2020).

Baca Juga:  Didukung TNI/Polri, Pemprov Bali Gelar Razia Gabungan Penertiban Prokes Covid-19

Dikatakannya, dalam proses protokoler penanganan pelaut Bali ini tidak ada diskriminasi ataupun perlakuan khusus. “Kami menjalani prosedur dan arahan yang sudah di tetapkan,” imbuhnya seraya mengungkapkan, KPI Bali juga ikut menjadi tim Satgas Covid-19 Provinsi Bali.

Walaupun ada perubahan dalam pelaksanaan protkuler tersebut, lanjut dia, itu dikarenakan keterbatasan sarana, prasarana dan SDM.

“Kami dari KPI sendiri, berusaha semaksimal mungkin untuk dapat berbuat yang terbaik bagi para pelaut, tentunya dengan segala keterbatasan dan ruang lingkup KPI sebagai serikat pekerja,” lanjutnya.

Baca Juga:  Pilkada Serentak di Provinsi NTT, Pangdam IX/Udayana Terima Paparan Danrem 161/WS

Dalam kesempatan ini, Dewa Putu Susila juga menyerukan persatuan khususnya kepada para pelaut, untuk menghadapi situasi dan kondisi saat ini.

“Para pelaut mari kita tunjukan bahwa pelaut bukan hanya sebagai penyumbang devisa saja, tapi kita juga mampu bekerjasama dan mendukung langkah langkah pemerintah dalam penangulangan virus corona ini,” tandasnya.

Sebelumnya, KPI Bali telah mengirimkan surat kepada Kementerian Luar Negeri perihal permohonan bantuan pemulangan pelaut kapal pesiar, pada tanggal 2 April 2020.

Baca Juga:  Update Penanggulangan Covid-19, Selasa, 22 September 2020

Dalam surat itu, tertulis permintaan resmi dari Pekerja Migran Indonesai (PMI) sektor pelaut yang bekerja di atas kapal pesiar Ovation of The Seas berjumlah 200 crew dan Quantum of the Seas berjumlah 283 crew.

Pasalanya para pelaut itu sudah seharusnya sign off dan tidak dipekerjakan lagi. Sebab tidak ada sama sekali penumpang wisatawan di atas kedua kapal tersebut. (jus/kb)