Kesadaran Masyarakat Kunci Hindari Denda

Birokrasi Denpasar
Kesadaran Masyarakat Kunci Hindari Denda

DENPASAR, Kilasbali.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) mengatakan, kesadaran masyarakat memakai masker dalam menjalankan protokol kesehatan menjadi kunci guna menghindari denda.

Hal itu diungkapkan Cok Ace usai Apel Gelar Pasukan Implementasi Pergub Nomor 46 Tahun 2020, di Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung Denpasar, Senin (7/9/2020).

Menurut Cok Ace, sudah 1 minggu Pergub ini disosialisasikan. Kuncinya adalah bagaimana menimbulkan kesadaran masyarakat, bahwa ini satu-satunya cara yang bisa mengatasi penularan yakni pakai masker dalam mengikuti protokol kesehatan karena sekarang angka penderita terus meningkat.

Baca Juga:  Masih Ditemukan Warga Keluar Rumah Tanpa Masker

Cok Ace menambahkan, sejak Bali lebih dibuka untuk kegiatan masyarakat lokal, dapat dilihat pergerakan masyarakat sangat intens dan sangat tinggi. Di objek wisata seperti Kintamani dan Bedugul, contohnya.

“Kita lihat kesadaran menggunakan masker belum semuanya. Dan ini terjadi setelah pariwisata kembali dibuka. Mereka umumnya anak muda yang daya tahan tubuhnya masih bagus,dan terlihat tanpa gejala. Tapi apa yang terjadi ketika mereka balik ke rumahnya. Tanpa disadari menularkan pada orang tuanya. Sehingga penularan terjadi di rumah tangga. Ini dampak-dampak dari dibukanya objek wisata,” jelasnya.

Lebih lanjut Cok Ace mengatakan, pemerintah sebenarnya tidak ingin memberi denda tapi kembali kepada kesadaran masyarakat.

Baca Juga:  Tim Gabungan Temukan 6 Orang Tak Pakai Masker

Bahkan masker secara gratis pun sudah diberikan karena ini salah satu langkah mengeleminir penularan. Karena pembiayaan kasus Covid-19 semua bersumber dari APBD,

Terkait denda Cok Ace menjelaskan, ini kan teknis sifatnya. Bagaimana menertibkan masyarakat.

“Minimal bawa tanda pengenal, sementara kita ambil, kita panggil,” imbuhnya.

Cok Ace juga menerangkan, semua kepala daerah sudah membuat perbup/perwali dan hari ini apel serentak. (sgt/kb)