Kesehatan PMI Kapal Pesiar Telah Diperiksa Ketat

Denpasar Ekonomi Bisnis
Foto: PMI kapal pesiar.

DENPASAR, Kilasbali.com – Di tengah merebaknya virus corona, kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ini memang sempat menjadi kekhawatiran bagi masyarakat.

Owner Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Best College Made Sudiarta mengatakan, PMI terutama yang bekerja kapal pesiar yang baru pulang ke tanah air karena merebaknya virus corona sebaiknya jangan dikucilkan.

Karena, kata dia, sebelumnya telah mengikuti berbagai pemeriksaan yang ketat sebelum diizinkan meninggalkan kapal.

Menurutnya, masyarakat tidak perlu terlalu khawatir akan hal ini, karena para awak kapal pesiar ini telah terbiasa dengan standar kebersihan dan disiplin yang luar biasa di dalam bekerja di kapal.

“Sepengetahuan saya, dalam hal pola hidup bersih di kapal, itu kan disiplinnya luar biasa. Yang namanya mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer itu sudah kewajiban setiap hari. Di Amerika ini disebut United States Public Health (USPH) atau standar kesehatan publik Amerika yang dipakai hidup di kapal,” ujarnya, Kamis (9/4/2020).

Made Sudiarta menambahkan, dalam perjalanan pulang dari kapal, sebelum keluar, mereka sudah diperiksa dengan ketat untuk memastikan bahwa yang pulang adalah orang yang benar-benar sehat. Sedangkan yang sakit akan diisolasi terlebih dahulu.

“Hanya saja dalam perjalanannya pulang ke Indonesia ini yang masih dikhawatirkan oleh masyarakat,” pungkasnya. (sgt/kb)