Ketua BKOW Ingatkan PIDHI Bali Panca Dharma

Ceremonial Denpasar
Foto: Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Bali Ny. Tjokorda Putri Hariyani Ardhana Sukawati menghadiri Peringatan HUT ke-66 Persatuan Istri Dokter Hewan Indonesia (PIDHI) Provinsi Bali.

DENPASAR, Kilasbali.com – Ketua Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Bali Ny. Tjokorda Putri Hariyani Ardhana Sukawati menghadiri Peringatan HUT ke-66 Persatuan Istri Dokter Hewan Indonesia (PIDHI) Provinsi Bali yang berlangsung di Ruang Pertemuan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Rabu (11/3/2020).

Ny. Cok Ace mengingatkan agar dalam kiprahnya, para perempuan yang tergabung dalam PIDHI berpedoman pada panca dharma. Mengacu pada panca dharma, salah satu kewajiban perempuan adalah setia mendampingi suami dalam melaksanakan tugas-tugas serta tanggung jawabnya.

“Setia bukan berarti harus selalu wara wiri dengan suami, namun lebih kepada pemberian dukungan agar para suami dapat melaksanakan tugas dengan baik,” ucapnya.

Dikaitkan dengan tugas seorang dokter hewan, anggota PIDHI diminta ikut mengkampanyekan gerakan membawa dan memeriksakan hewan peliharaan kesayangan ke dokter hewan.

Hal ini penting, karena selain bermanfaat memelihara kesehatan hewan, tindakan ini juga dapat mencegah munculnya penyakit zoonosis.

Pada bagian lain, perempuan berpenampilan kalem ini juga mendorong kiprah PIDHI untuk berperan aktif dalam menyukseskan program pembangunan khususnya yang berkaitan dengan upaya mewujudkan kesetaraan gender.

Sementara itu, Dekan FKH DR. drh. I Nengah Kerta Besung, M.Si., menyampaikan bahwa saat ini anggota PIDHI Bali berjumlah 800 orang yang tersebar di kabupaten/kota. Ia juga menyebut, belakangan minat untuk menjadi dokter hewan lebih didominasi oleh kaum perempuan.

Ia juga mengapresiasi keberadaan PIDHI yang dinilai sudah makin kompak. Ke depannya, ia berharap organisasi ini lebih menunjukkan perannya untuk kepentingan masyarakat.

“Tidak hanya fokus ke dalam, tapi saya harapkan lebih berkiprah untuk masyarakat,” pintanya seraya berharap PIDHI juga berperan menyukseskan program pembangunan.

Pada bagian lain, Ketua PIDHI Bali Putri Dharmayasa menyampaikan bahwa istri dokter hewan punya peran yang strategis antara lain mengajak masyarakat untuk rutin membawa hewan kesayangan mereka ke dokter hewan. “Hal ini penting untuk mencegah penyakit zoonosis,” ujarnya.

Ketua Panitia Peringatan HUT ke-66 PIDHI Desak Anom menginformasikan beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan antara lain kunjungan ke rumah singgah anak penderita kanker, panti asuhan dan persembahyangan. Peringatan HUT ke-66 PIDHI ditandai dengan pemotongan kue ulang tahun dan tumpeng. (rls/kb)