Kodim Buleleng Gelar Donor Darah

Buleleng
Foto: Donor darah Kodim Buleleng.

BULELENG, Kilasbali.com – Kodim 1609/Buleleng menggelar kegiatan bakti sosial donor darah, Rabu (04/12/2019), bertempat di Aula Makodim Buleleng Jalan Gajah Mada Buleleng.

Kegiatan donor darah ini diselenggarakan dalam rangka menyongsong peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat Tahun 2019.

Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Verdy De Irawan mengatakan, donor darah ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

“Persediaan darah di PMI Buleleng sangat terbatas, sehingga perlu kepedulian TNI dalam ikut serta mengatasi kesulitan masyarakat di bidang kesehatan,” ungkapnya.

Sama seperti pada pelaksanaan donor darah sebelumnya, pihaknya bekerja sama dengan PMI Kabupaten Buleleng.

Stok darah dari hasil donor ini nantinya akan
disumbangkan bagi masyarakat Kabupaten Buleleng yang membutuhkan donor darah.

“Hasil donor kali ini tentunya akan kita serahkan kepada PMI yang selanjutnya disimpan di bank darah milik PMI dan dimanfaatkan sesuai kebutuhan masyarakat,” tambah Dandim.

Adapun jumlah pendonor yang terdaftar sebanyak 79 orang dan yang bisa diambil darahnya sebagai pendonor sebanyak hanya 37 orang, dengan rincian, Golongan Darah A sebanyak 9 orang.

Golongan Darah B ada 13 orang. Golongan Darah O sejumlah 14 orang serta Golongan Darah AB hanya 1 orang.

“Dengan tersedianya 37 kantong darah setidaknya telah menambah cadangan atau stok darah di PMI Buleleng yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan,” pungkasnya.

Pantauan di lokasi kegiatan, donor darah tersebut diikuti oleh perwakilan dari satuan-satuan TNI dan instansi lainnya yang ada di wilayah Buleleng, seperti, Personel Kodim 1609/Buleleng, Yonif 900 Raider/Satya Bhakti Wirottama, Denkesyah 09.04.03 Singaraja, Secata Rindam IX/Udayana, Minvetcad IX-19 Singaraja, Anggota Tepbek IX-44-01-B Singaraja, Denpal 09-12-01 Singaraja, Subdenpom IX 1/3-01 Singaraja, Subdenzibang 3/II/033 Singaraja, Kompi A Yon Zipur 18/YKR, STIKES Buleleng, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXII/Kodim 1609/Buleleng, Persit Kartika Chandra Kirana Secata Rindam IX/Udayana, Persit Kartika Chandra Kirana Yonif 900 Raider/SBW, Hipakad Cabang Buleleng serta FKPPI Cabang Buleleng. (jus/kb)