Komsos Kodim Jembrana dengan KBT, Diisi Pemahaman COVID-19 dan Bela Negara

Jembrana Sosial
Komsos Kodim Jembrana dengan KBT, Diisi Pemahaman COVID-19 dan Bela Negara

JEMBRANA, Kilasbali.com – Kodim 1617/Jembrana menggelar acara komunikasi sosial atau Komsos dengan Keluarga Besar TNI (KBT) Tahun Anggaran 2020, di bertempat di Garasi Makodim setempat, Dauhwaru, Jembrana, Bali, Rabu (15/07/2020).

Pada acara dengan tema kegiatan “Aksi Nyata Bela Negara Keluarga Besar TNI (KBT) di Era Kekinian,” Dandim 1617/Jembrana, Letkol Kav Djefri Marsono Hanok berpesan soal Pandemi COVID-19.

Dirinya tak menampik apabila penyebaran COVID-19 telah berdampak di seluruh dunia termasuk Indonesia, bahkan seperti kasus yang terjadi di Secapa AD dan Pusdikpom Bandung yang menjadi Klaster baru penyebaran COVID-19.

Baca Juga:  Cegah Klaster Keluarga, Kelurahan Ubung Tingkatkan Edukasi Gerakan 3M

Di sela sela acara Dandim sedikit menjelaskan tentamg mewabahnya Virus Corona atau COVID-19 yang tentunya telah berdampak di seluruh dunia termasuk Indonesia bahkan di Kabupaten Jembrana juga terdapat kasus orang terpapar COVID-19.

Untuk itu Dandim mengimbau agar tidak panik dan tetap jaga kesehatan serta tetap waspada.

“Terlebih saat ini musim penghujan dimana oenyakit DBD mulai juga mewabah, untuk itu Dandim menghimbau kepada KBT dalam acara tersebut untuk bersama-sama menjaga lingkungan agar tetap sehat,” ucap Dandim.

Baca Juga:  Karya Bakti Kodim Klungkung Kelar, Serahkan Jamban Bagi Warga

Kepada peserta juga disampaikan materi tentang bela negara yang disampaikan oleh Pasiter Kodim 1617/Jembrana Kapten Chb Karyanto.

Menurutnya bela negara perlu ditumbuh suburkan untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan yang sangat diperlukan guna menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dirinya juga menjelaskan tentang tugas pokok TNI, bahwa dalam Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, dinyatakan bahwa TNI berperan sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam pelaksanaan tugasnya.

Baca Juga:  Sakit di Tengah Pandemi, Warga Gianyar Syukuri Yankes Gratis

Kemudian tugas ini dijabarkan dalam dua kelompok tugas, yaitu Tugas Operasi Militer Perang atau OPM dan Tugas Operasi Militer Selain Perang atau OMSP.

Acara dianjutkan dengan pemberian tali kasih kepada masing-masing perwakilan KBT dengan pemberian bingkisan oleh Dandim 1617/Jembrana dan diakhiri dengan sesi foto bersama dan ramah tamah. (jus/kb)