Koramil Sidemen Pantau Penerapan Pendisiplinan Pedagang dan Pengunjung Pasar

Karangasem Sosial
Koramil Sidemen Pantau Penerapan Pendisiplinan Pedagang dan Pengunjung Pasar

KARANGASEM, Kilasbali.com – Pemantauan terhadap fasilitas umum guna menekan laju serta memutus penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Karangasem terus digencarkan.

Kali ini kegiatan pendisiplinan giliran dilaksanakan di Pasar Sidemen, Desa Sidemen, Karangasem.

Kegiatan pendisiplinan terhadap pedagang dan pengunjung pasar berlangsung mulai pukul 06.00 Wita hingga pukul 07.20 Wita, Selasa (28/7/2020) yang melibatkan berbagai unsur diantaranya Anggota Koramil 1623-04/Sidemen, Satgas Gotong Royong Desa Sidemen dan Pecalang Desa Adat Tebola.

Aparat memberikan imbauan dan mengedukasi pedagang dan pengunjung di kawasan Pasar Sidemen diantaranya menghimbau kepada pemilik usaha dagang agar menyediakan tempat cuci tangan dan mengharuskan kepada pedagang dan pengunjung pasar untuk selalu menggunakan masker serta menjaga jarak yang semua itu dalam rangka mengikuti protokol kesehatan yang telah disampaikan oleh pemerintah.

Baca Juga:  Resmikan LPKS Bali Cak Tourism School, Ini Arahan Bupati Eka

Bukan hanya memberikan imbauan saja, namun dalam kegiatan pendisiplinan tersebut terlihat anggota Koramil 1623-04/Sidemen juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar selalu menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke pasar, dan sekaligus mensosialisasikan tentang penerapan protokol kesehatan dan cara mencuci tangan yang benar.

Danramil 1623-04/Sidemen Kapten Inf I Ketut Sumendra mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah salah satu upaya membantu mendisiplinkan masyarakat terkait dengan penerapan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari dengan cara melaksanakan pemantauan langsung di fasilitas umum seperti pertokoan dan pasar.

Baca Juga:  Penyitas Covid-19 Berbagi Tips, Cemas Turunkan Imun

“Kita melakukan sosialisasi serta himbauan kepada para pedagang dan pengunjung Pasar dan hari ini kita mengadakan pemantauan di pasar untuk menghimbau agar pedagang dan pengunjung pasar sadar dan terbiasa untuk memakai masker dalam beraktifitas sehari-hari guna mensukseskan program pemerintah dalam penerapan tatanan kehidupan baru,” jelas Danramil

Disebutkannya, kegiatan sosialisasi juga sudah digencarkan melalui Para Babinsa di desa binaan masing-masing tentang pentingnya mencuci tangan dengan air mengalir memakai sabun, mengingatkan agar selalu menjaga jarak dan menghindari kerumunan dan apabila sakit dan timbul gejala-gejala batuk, pilek, demam dengan panas di atas 37,5 derajat Celcius agar segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Semoga upaya yang kita lakukan ini bisa menggugah kesadaran masyarakat untuk dapat menerapkan protokol kesehatan untuk memutus penyebaran COVID-19 di wilayah Kabupaten Karangasem dan khususnya di Kecamatan Sidemen,” harap Danramil Kapten Ketut Sumendra. (jus/kb)