Koramil Sukawati Bantu Petani Tanam Padi

Gianyar Sosial
Foto: Koramil Sukawati dengan langkah nyata turun ke sawah di lahan Subak Kulidan, Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Selasa (30/7/2019).

GIANYAR, Kilasbali.com – Pendampingan dalam program pertanian terus dilakukan jajaran Kodim 1616/Gianyar, guna mensukseskan program pemerintah untuk meningkatkan produksi padi maupun jenis tanaman pangan lainnya.

Kali ini Koramil Sukawati dengan langkah nyata turun ke sawah di lahan Subak Kulidan, Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Selasa (30/7/2019). Anggota TNI melakukan penanaman Padi Penyuluh Swadaya Program Demontration Plot (Demplot) Sekolah Lapang Upaya Khusus 2019.

Kegiatan penanaman tersebut bertemakan “Melalui Penanaman Teknologi Jajar Legowo 21 Kita Tingkatkan Produktifitas Padi Untuk Ketahanan Pangan”.

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Gianyar Ni Ketut Sumpah Ayuni menjelaskan, cara tanam padi Jajar Legowo merupakan salah satu teknik penanaman padi yang dapat menghasilkan produksi yang cukup tinggi serta memberikan kemudahan dalam aplikasi pupuk dan pengendalian hama pengganggu tanaman atau organisme.

“Pola tanam ini sudah diterapkan dan dianjurkan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar kepada para Petani,” sebutnya.

Anggota Koramil 1616-05/Sukawati bersama-sama dengan anggota Subak Kulidan yang dipimpin Pekaseh Wayan Tedun terlihat bersemangat dan antusias turun ke sawah untuk melaksanakan program tersebut, terlebih didampingi juga seluruh Petugas Penyuluh Lapangan atau PPL Se Kecamatan Sukawati.

Danramil 1616-05/Sukawati Kapten Inf Anak Agung Raka Malia seijin Dandim 1616/Gianyar Letkol Kav Asep Noer Rokhmat mengatakan, tanam padi ini merupakan bentuk sinergitas dan saling dukung antara Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar dengan Kodim Gianyar.

“Peran Kodim 1616/Gianyar bersama para petani dalam mewujudkan program pemerintah untuk mencapai swasembada pangan perlu memaksimalkan peran sumber daya yang dimiliki dihadapkan dengan target pencapaian yang telah ditentukan,” ungkap Kapten Agung Raka Malia.

Pihaknya memotivasi para petani untuk selalu memanfatkan lahannya sebagai lahan pertanian karena pengembangan sektor pertanian sangat menjanjikan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan dirinya berharap, apa yang dilakukan oleh Koramil Sukawati dengan Dinas Pertanian Kabupaten Gianyar dapat bermanfaat bagi para petani. (kb)