Koster Beberkan Kepulangan PMI di Bali

Denpasar
Foto: Kedatangan PMI di Pelabuhan Benoa, Denpasar pada Sabtu (18/4/2020) siang.

DENPASAR, Kilasbali.com – Hampir 12 ribuan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Bali yang bekerja di luar negeri, saat ini sudah pulang ke Bali dari total 22 ribu PMI asal Bali. Sementara awal Pebruari 2020 sekitar 4.800 orang PMI sudah datang ke Bali padahal saat itu Indonesia dan juga Bali belum siapkan masa tanggap darurat Covid-19.

Baca Juga:  Bali Ekspor 12 Ton Biji Kakao, Cok Ace Harap Pertanian Bali Bangkit

Menurut Gubernur Bali Wayan Koster awal Pebruari 2020 para PMI yang datang lewat bandara hanya diperiksa suhu tubuhnya lalu pulang ke rumah masing-masing.

“Ini telah didata. Ternyata mereka ini di desa telah bergaul dan banyak diantara mereka yang positif. Ini ketahuan setelah kita adakan pengujian setelah tracking,” ungkap Koster, Senin (8/6/2020).

Baca Juga:  Astungkara, Sembuh Bertambah 95 Orang

Koster menambahkan kasus positif Covid-19 akibat transmisi lokal yang melonjak beberapa hari terakhir di Bali, salah satunya karena transmisi lokal juga muncul dari para PMI ini yang menularkan ke keluarga dan orang sekitarnya.

“Bulan Pebruari awal, Satgas Gotong Royong telah melakukan pendataan ke desa-desa yang ada PMI. Sekitar 4.800 orang yang pulang sebelum pengetatan tanggap darurat itu kemudian dikejar oleh Satgas Gotong Royong. Sudah masuk lebih dari 3.000 yang dirapid tes dan hasilnya negatif,” pungkas Koster. (sgt/kb)