KPU Tetap Layani Pemilih di Rutan dan Rumah Sakit

Denpasar Politik
Ketua KPU Denpasar I Wayan Arsa Jaya

DENPASAR, Kilasbali.com – Ketua KPU Denpasar I Wayan Arsa Jaya mengatakan
pemilih yang sedang menjalani masa tahanan akan dilayani di TPS terdekat dengan formulir pindah pemilih. Hal ini juga sama bagi pasien di rumah sakit.

Rincian pemilih A5 pindah memilih yang diterima KPU Denpasar, menurutnya yakni Rutan Polda Bali 5 orang, Polresta Denpasar 18, Polsek Densel 1 orang, RS Wangaya 27 orang, dan RS Kasih Ibu 5 orang.

“Untuk pasien RS tidak diisi keterangan apakah yang bersangkutan pasien Covid-19 atau bukan. KPPS yg bertugas ke RS akan menggunakan baju hazmat. Pemilih A5 di Rutan dan RS akan dilayani oleh TPS terdekat. KPU menyediakan logistik tambahan untuk TPS yg melayani Rutan dan RS berupa kotak suara, bilik suara dan baju hazmat. Surat suara yg digunakan adalah surat suara yang tersisa di TPS yang melayani,” jelasnya Selasa (8/12/2020).

Baca Juga:  12 Orang Pelanggar Perda Ditipiring

Pemilih yang sedang sakit di rumah, sedang karantina atau isolasi mandiri ini bisa dilayani dengan ketentuan mengalokasikan surat suara dengan menggunakan surat suara di TPS terdekat sesuai dengan DPT nya dengan persetujuan pengawas di TPS dan saksi.

“Jadi intinya ketika pengawas dan saksi setuju untuk melayani pemilih ke rumah, itu bisa dilaksanakan. Tetapi dengan tetap mengutamakan pemilih yang ada di TPS. Tapi ketika saksi dan pengawas tidak setuju atau tidak berkenan untuk itu maka tidak bisa dilayani,”pungkasnya.(sgt/kb)