Lantaran Tersumbat, Banjir di Jalan IB Mantra Selalu Berulang

Gianyar News Update Peristiwa
Foto: Petugas dari BPBD Kabupaten Gianyar saat melakukan upaya pembersihan saluran irigasi yang tersumbat di Jalan Bypass IB Mantra, Keramas, Blahbatuh,

GIANYAR, Kilasbali.com – Banjir terutama di wilayah hilir masih menjadi PR bersama. Seperti halnya di jalur Bay Pass IB Mantra, Minggu (12/9/2021), luapan air irigasi lantaran gorong-gorong tersumbat.

Kejadian itu kembali terjadi di simpang Jalan Selukat, Jalan Bay Pass IB Mantra, Desa Keramas. Petugas BPBD Gianyar pun harus bertindak cepat, agar luapan air itu tak sampai menimbukan kecelakaan lalu lintas.

Menerima laporan banjir ini, Tim Reaksi Cepat BPBD Gianyar pun berusaha bergerak melakukan upaya penanganan. Penyebab dari terjadinya banjir tersebut, karena sampah yang menyumbat saluran got di sisi barat jalan.

Baca Juga:  Mayat Laki-laki Ngapung di Tengah Laut

Lantaran volume air yang cukup banyak, sampah berupa ranting hingga lumpur pun ikut hanyut sehingga menyumbat gorong-gorong. Akibatnya air meluap ke badan jalan.

“Banjir luapan di jalan Bypass Ida Bagus Mantra, Desa Keramas, sudah selesai kami tangani,” ungkap Kepala BPBD Gianyar, Ida Bagus Suamba.

Untuk mengatasi kejadian serupa terulang kembali, masyarakat juga diajak untuk sadar menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Juga:  DPRD Denpasar Sahkan Ranperda Kota Layak Anak dan Perubahan APBD Menjadi Perda

Karena di saat musim penghujan membuat volume atau debita air semakin bertambah, sehingga banjir mudah terjadi.

”Kita harus bersama-sama sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan. Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan, buanglah sampah pada tempatnya,” imbaunya. (ina/kb)