Maknai Pandemi sebagai Akademi, Harus Lulus Ujian!

Denpasar Opini Tokoh
IKK/I Komang Kusumaedi

‘KITA LALUI MASA SEKARANG BUKAN SEBAGAI PANDEMI COVID-19 TAPI SEBAGAI ‘AKADEMI’  KARENA KITA SEDANG BELAJAR DAN HARUS LULUS UJIANNYA’

Oleh : IKK/I Komang Kusumaedi

Kalau saya menyebutnya masa kini sebagai peluang meningkatkan kualitas diri dan lingkungan dengan belajar sehingga saya boleh sebut bukan lagi Pandemi Covid-19, tetapi ‘Akademi’ Covid-19.

Karena kita harus lulus dari ujian maha berat ini. Walau juga tidak sulit di saat yang sama manakala kita belajar untuk memahami diri dan lingkungan yang sehat, belajar peduli sesama, belajar menata hati, pikiran – perbuatan dan kata-kata, belajar bersatu bergotong-royong lagi dalam bekerja, belajar menata masyarakat, menata hukum dan perundangan landasan bangsa ini dan belajar menjadi pemerintahan yang melayani warganya dengan amanah, serta belajar-belajar lainnya.

Baca Juga:  Pujawali Pura Khayangan Badung, Jaya Negara: Anugerah Ida Sang Hyang Widi Wasa

Artinya ada proses, ada tahap-tahapan, ada fase yang harus dilalui agar kita bisa lulus di Akademi Covid-19 ini yang kini sudah memasuki masa ‘Akademi’ tahun 2021. Oleh karena itu, kita harus menamatkan masa di dalam Akademi Covid ini karena kita sudah tahu banyak, sudah cerdas, tidak lagi kosong tak tahu apa-apa.

Sudah banyak ilmu penanganan Covid yang kita serap dan banyak punya pengalaman menanggulanginya. Harus kita terampil, sudah mahir, sudah makin disiplin, sudah pintar, sudah makin sehat dan kuat dan sudah makin lihai dan percaya diri menghindari virus korona.

Baca Juga:  Jaya Negara Tinjau Posko Penyekatan Mudik, Mobilitas Pemudik Tahun Ini Turun

Bahkan harus sudah mampu membasmi dan mematikannya, hingga berawal kita sekolah di Akademi Covid-19 maka kita berakhir berhasil lulus dengan selamat, aman membahagiakan dari ujian Akademi Covid-19 di tahun 2021 ini.

Jangan lama-lama karena uang sekolah di akademi terbatas, energi dan waktu yang ada harus dipakai untuk kegiatan-kegiatan membangun lainnya, pembelajaran lain misalnya adalah me-rekonstruksi dan me-rehabilitasi pasca lulus di Akademi Covid-19.

Oleh karenanya, maka semangatkan lagi gerak langkah niat dan misi belajar kita untuk berhasil lulus. Tidak boleh kendor, jangan abai, tidak boleh lalai, selalu patuhi apa kata bapak- ibu dan guru-guru kita.

Yakin pasti lulus, karena sayang sekali setelah banyak hal yang sudah kita pelajari, sudah banyak soal-soal ujian kita jawab yang kita yakini benar dan tepat sesuai protokol dan protap, sudah sangat giat kita belajar baik mandiri maupun berkelompok bahkan dengan gabungan-gabungan maka yang tinggal hanya perlu adalah lulus ujian.

Baca Juga:  Tim Yustisi Denpasar Jaring 9 Orang Pelanggar Prokes

Jadi menurut saya IKK, kita ini sekarang sedang di masa Akademi bukan Pandemi, karena biasanya dipercaya kata-kata adalah doa, hukum tarik menarik berlaku sehingga anda adalah apa yang anda pikirkan dan semua yang berawal pasti berakhir.

Ayo kawan dan sahabat semua yang budiman, kita lalui bersama Akademi masa Covid di tahun 2021 ini untuk berhasil lulus dan akhiri dengan bahagia.