Manfaat Pisang, Sehatkan Jantung hingga Perbaiki Suasana Hati

Denpasar
Foto: Lukisan dr. Bagus Darmayasa.

DENPASAR, Kilasbali.com – Pisang memiliki kandungan triptofan tinggi yang akan diubah tubuh menjadi serotonin ke otak dan dapat meningkatkan suasana hati.

Pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Mulai dikonsumsi secara langsung, diolah dengan digoreng, dijadikan kolak atau bahkan dijadikan toping bagi makanan lain seperti pancake atau oatmeal.

Buah pisang yang memiliki rasa manis mengandung banyak manfaat yang berguna bagi tubuh kita. Memilih mengonsumsi jenis pisang yang sudah matang menjadi pilihan yang baik.

Baca Juga:  TMMD Wujudkan Kesejahteraan Rakyat di Tengah Pandemi dan Pilkada

Pisang yang matang dengan kondisi kulit yang masih berwarna hijau kekuning-kuningan dengan bercak cokelat atau kuning, akan mudah dicerna, dan gula buah diubah menjadi glukosa alami secara cepat diabsorbsi ke dalam peredaran darah, sementara pisang yang mentah akan sulit dicerna.

Adapun kandungan nutrisi yang terdapat pada pisang berukuran sedang mulai dari energi (kalori), karbohidrat, serat, protein, magnesium, fosfor, kalium, selenium, kolin, vitamin C, folat, beta karoten, dan alpha karoten.

Banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah pisang sekaligus memberi manfaat bagi kesehatan tubuh kita mulai dari kesehatan pencernaan, hingga mampu dijadikan metode penurunan berat badan.

Baca Juga:  KPU Kota Denpasar Bakal Luncurkan Maskot dan Jingle Pilwali

Manfaat lain yang bisa didapat dari rutin mengonsumsi pisang yaitu;

1.Menjaga kadar Gula Darah
2. Menjaga kesehatan jantung
3. Meningkatkan sensitivitas insulin
4. Meningkatkan kesehatan ginjal
5. Memiliki manfaat untuk olahraga
6. Memperbaiki suasana hati dan membuat nyaman

Ayooo makan pisang.
Tuhan sudah kasih obat alami.
Hanya kita yang sering tidak memahami.

Baca Juga:  Respon Pengaduan Masyarakat Lebih Cepat

Oleh: dr. Bagus Darmayasa