MANTAP…!!! Rabat Jalan Air Terjun Tirta Tiyasa Udayana Nyanggelan Mulai Dikerjakan

Klungkung Sosial
Foto: Pengerjaan rabat jalan menuju air terjun.

KLUNGKUNG, Kilasbali.com – Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) Ke-105 Kodim 1610/Klungkung mulai mengerjakan rabat jalan menuju air terjun Tirta Tiyasa Udayana, Selasa (16/7/2019).

Satgas TMMD yang dipimpin Serma Nyoman Antana bersama Mahasiswa Undiksa dan masyarakat mulai mengerjakan rabat jalan setapak menuju air terjun secara estafet untuk mengangkut pasir, batu, semen serta material lainnya.

Perabatan jalan dilakukan agar kondisi jalan menuju air terjun menjadi lebih baik dan tidak mudah longsor serta licin saat hujan.

Dengan Kebersamaan antara warga dengan anggota TNI yang bahu membahu membuat rabat jalan menuju air terjun yang memang tidak mudah medannya. Mulai dari jalan paling bawah dekat air terjun dan jalan setapak paling atas sudah dibentuk teras atau undak-undakan agar mudah untuk dilewati.

Dengan menggunakan peralatan seperti ember dan karung, anggota Satgas, Mahasiswa Undhiksa dan warga masyarakat Nyanggelan mengangkut material pasir dan semen secara estafet. Bila menggunakan alat pengangkut kereta dorong memang tidak memungkinkan dengan kondisi medan yang ada karena medannya memang curam.

Terlihat mereka mondar mandir mengangkat bahan material untuk merabat jalan menuju air terjun.

“Mulai hari ini atau di hari ke 6 pengerjaan TMMD Ke 105, kita kerjakan rabat jalan menuju air terjun karena menjadi permintaan masyarakat, kita bantu di sela-sela pengerjaan sasaran fisik utama yaitu pengerasan jalan sejauh 2035 meter, bedah rumah dan pembuatan jamban,” jelas Dansatgas TMMD Ke 105 Kodim 1610/Klungkung, Letkol Czi Paulus Joni Simbolon, S.E,.M.,Tr., (Han).

Sebagaimana diketahui lokasi air terjun Tirta Tiyasa Udayana sendiri ditemukan Satgas TMMD dan warga masyarakat yang berjarak sekitar 500 meter dari lokasi TMMD tersebut. Dan pemberian nama Tirta Tiyasa Udayana sendiri berdasarkan kesepakatan dengan warga setempat yang dimaknai air suci bersih dari Udayana. (kb)