Masa Pandemi, Parta Genjot Aksi Donor Darah

Gianyar Sosial Tokoh
Foto: Donor darah di DPRD Gianyar  

GIANYAR, Kilasbali.com – Lonjakan angka positif Covid-19 memaksa semua elemen untuk bekerja keras lagi mensosialisasikan protokol kesehatan (prokes). Dalam kondisi ini, paceklik darah pun tidak bisa dihindari unit transpusi darah, PMI cabang Gianyar.

Syukurnya, DPRD Gianyar kembali menggebrak dan sedikitnya 50 kantong darah terkumpul dalam aksi donor darah di gedung DPRD Gianyar, Senin (28/9/2020) pagi.

Kali ini, DPRD Gianyar menggandeng Yayasan Tungked Werdha Bali binaan Anggota DPR RI I Nyoman Parta. Di mana kegiatan ini melibatkan anggota yayasan, anggota DPRD Gianyar dan konstituennya.

Baca Juga:  Persyaratan Makin Ketat, Peminat PMI Tetap Tinggi

Menurut Parta, kegiatan ini digenjot mengingat PMI mengalami krisis darah, terlebih di saat Pandemi ini.

“Pada kesempatan ini, kami ingin menunjukkan bahwa di saat pandemi Covid-19 ini, kegiatan donor darah sangat dibutuhkan. Tentunya prokes wajib diperketat untuk memghindari cluster baru,” ungkap Nyoman Parta yang sejak Pukul 08.00 wita sudah mengkoordinir kegiatan donor darah ini.

Syukurnya, sejumlah anggota DPRD yang memenuhi syarat menunjukkan semangatnya untuk mengawali aksi donor ini. Secara bergilir, dangan pembatasan waktu dan jarak mereka menjàlan pemeriksaan tensi, sample dan pengambilan darah. Lanjut diikuti oleh konstituennya yang diundang untuk hadir menyumbangkan darahnya.

Baca Juga:  Panji-Budi Janjikan Perubahan, Bangun Tabanan Berbasis Budaya dan Pertanian

“Dalam kegiatan ini, kami tidak hanya menargetkan jumlah kandong darah yang didapat, namun juga mengidentifikasi pendonor sukarela yang setiap saat dapat dihubungi saat dibutuhkan,” lanjut Parta.

Parta memahami, di saat pandemi ini, ada perubahan psikis yang dialami masyarakat, terlebih lagi bagi pendonor darah. Namun ditegaskan bahwa donor darah justru sangat dibutuhkan dan tidak ada hubungannya dengan imun tubuh. Malah sebaliknya, banyak manfaat yang akan didapat dari donor darah.

“Donor darah sangat baik, banyak manfaatnya. Dengan donor tubuh akan mereproduksi sel darah baru sehingga tubuh akan lebih sehat, kedua bisa mengetahui secara gratis tentang infomasi darah kita. Ketiga, Karena darah muda, ginjal dan jantung akan lebih mudah memompa darah,” pungkas  Nyoman Parta. (ina/kb)