Mengkhawatirkan Paparan Covid-19 di RSU Ganesha

Gianyar
Foto : Rumah Sakit Ganesha, Celuk, Sukawati

GIANYAR, Kilasbali.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Gianyar kini terus dihadapkan bertambahnya transmisi lokal Covid-19 di RSU Ganesha. Bahkan, kasus positif di RS hingga kini terus bertambah, mulai dari tenaga kesehatan yang sudah mencapai 18 orang, tenaga cleaning services dan terakhir, penunggu pasien pun turut terpapar. Sejumlah ruangan di RSU Ganesha pun kin ditutup.

Informasi yang diterima pada Rabu (23/6/2020), penunggu pasien ini adalah NWWJ (35) yang juga sebagai tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Denpasar Utara I. Berdasarkan hasil tracking yang dilakukan Satgas Covid-19, disebutkan perempuan asal Sukawati ini, terpapar virus corona di RSU Ganesha saat yang bersangkutan menemani ibu kandungnya menjalani perawatan di rumah sakit yang beralamat di Sukawati tersebut.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Gianyar, Made Gede Wisnu Wijaya mengatakan, jumlah pasien Covid-19 di Gianyar mengalami penambahan, di mana satu pasien terbaru ini, kata dia bekerja di Puskesmas Denpasar Utara I. Namun yang bersangkutan tidak terpapar di Denpasar, melainkan terpapar di RSU Ganesha saat menemani ibunya menjalani perawatan.

Baca Juga:  Mahfud MD; Penetapan Paslon Berpotensi Timbulkan Kerumunan Massa

“Yang bersangkutan sempat menunggu ibu kandungnya yang diopname di RS Ganesha selama delapan hari. Pada 14 Juni ia mengalami gejala demam dan batuk. Esoknya, yang bersangkutan bersama tim Dinas Kota Denpasar melaksanakan swab massal bagi pedagang di pasar Kumbasari,” ujarnya.

Pada 10 Juni, yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan rapid dengan hasil reaktif dan selanjutnya dia dilakukan test swab di tempat kerjanya dan dikarantina di Hotel Cokro. Tanggal 22 Juni hasilnya keluar positif Covid-19, lalu esoknya yang bersangkutan sudah dipindahkan ke Ibis Hotel Kuta,” beber Wisnu.

Dugaan awal, yang bersangkutan terpapar virus di RSU Ganesha. Sebab, hingga saat ini tenaga kesehatan di rumah sakit swasta tersebut banyak yang dinyatakan positif covid-19. Total nakes positif di RSU Ganesha, kata dia, sebanyak 18 orang. “29 Mei dilaporkan terdapat 2 dokter di RSU Ganesha yang positif covid-19, selanjutnya terjadi transmisi penularan pada 14 perawat, seorang bidan dan seorang cleaning service sampai dengan 23 Juni,” ujarnya.

Baca Juga:  PAC dan Kader 'Tancap Gas' Menangkan Jaya-Wira

Terkait kondisi tersebut, Wisnu mengatakan pihaknya telah melakukan pengawasan ketat dan menutup sejumlah ruangan yang nakes-nya terinfeksi covid-19 selama 14 hari. “Hal ini sudah kami lakukan sejak delapan hari lalu. Selanjutnya melakukan sterilisasi seluruh ruangan di Ganesha. Saat ini IGD, VK, rawat inap lantai dua dan poli jantung ditutup,” ujarnya Wisnu.

Baca Juga:  Sidak Masker di Lapangan Renon, 3 Orang Kena Denda

Sayang, Dirut RSU Ganesha, Candra belum memberikan konfirmasi terkait hal ini. Saat dihubungi via telepon, sambungan dialihkan. Sementara pesan WhatsApp yang dikirim belum dibalas. (ina/kb)