Miliki 3 Mesin ADM, Warga Denpasar Lebih Senang Urus Administrasi ke Disdukcapil

Denpasar News Update
Miliki 3 Mesin ADM, Warga Denpasar Lebih Senang Urus Administrasi ke Disdukcapil

DENPASAR, Kilasbali.com – Pemkot Denpasar memiliki 3 mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) guna memudahkan masyarakat dalam mengurus keperluan administrasi kependudukan seperti KTP,KK, dan akte. Meskipun memiliki 3 mesin ADM, namun warga Kota Denpasar lebih memilih untuk mengurus administrasi ke Kantor Dinas Dukcapil.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar, I Dewa Gde Juli Artabrata mengatakan mesin ADM pertama merupakan hasil pengadaan sendiri yang sudah diluncurkan tahun 2020 lalu.

Sedangkan yang kedua dan ketiga adalah hadiah dari Kemendagri sebagai sebuah penghargaan untuk Pemkot Denpasar karena ketaatan paslon dalam Pilkada dengan tidak mengerahkan massa, dan penghargaan “Dukcapil Bisa”.

Baca Juga:  Jaga Citra Pariwisata Budaya, Kadisparda Bali Nilai Deportasi Langkah Menjaga Nama Baik Bali

“Dari 514 kabupaten/kota kita termasuk 39 yang terbaik,” jelasnya, Jumat (30/4/2021).

Dewa Juli menambahkan mesin ADM yang pertama ada di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kota Denpasar di Graha Sewaka Dharma Lumintang, yang kedua ada di Pasar Badung, dan yang ketiga dijanjikan akan datang sebelum Lebaran dan akan dipasang di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Denpasar yakni di Tiara Dewata.

“Kita pilih ruang publik biar bisa masyarakat kalau gak sempat pas jam kerja, bisa dilaksanakan di mall, ” ucapnya.

Baca Juga:  Pasien Sembuh Covid-19 di Kota Denpasar Bertambah 39 Orang

Ia menjelaskan, per hari masyarakat yang memakai mesin ADM di MPP Kota Denpasar bisa mencapai 20 orang.

Satu mesin ADM ini bisa menyediakan hingga 100 blanko untuk KTP, sedangkan akte atau Kartu Keluarga (KK) bisa mencapai 500 blanko.

“Mungkin wilayah kita di Denpasar terlalu sempit jadi masyarakat lebih senang ke sini (Dinas Dukcapil-red),” pungkasnya.(sgt/kb)