Ngurah Panji Usung Konsep “Loka Hita”

Politik Tabanan Tokoh
Foto: AA Ngurah Panji Astika saat menyetorkan formulir pendaftaran Bacabup Tabanan ke Sekretariat DPD II Partai Golkar Tabanan, Sabtu (1/2/2020).

TABANAN, Kilasbali.com – Tokoh Tabanan asal Puri Anom yang mengajukan diri menjadi Bakal Calon Bupati (Bacabup) Tabanan, AA Ngurah Panji Astika menyetorkan formulir pendaftaran Bacabup Tabanan ke Sekretariat DPD II Partai Golkar Tabanan, Sabtu (1/2/2020).

Dengan diantar perwakilan yowana, penglingsir puri dan jero sejebag Tabanan, pekandelan, komunitas milenial, pengusaha UMKM, seniman dan perwakilan semua lapisan masyarakat mendatangi kantor partai yang terletak di Jl. Pahlawan No 10, Br. Sakenan Baleran, Desa Delod Peken, Tabanan.

Ditemui seusai menyetorkan formulir, Ngurah Panji Astika menjelaskan konsep yang akan ia bangun jika nantinya terpilih menjadi pemimpin di Kabupaten Lumbng Beras ini. Dikatakannya, dirinya akan mengusung konsep Loka Hita.

Menurut Ngurah Panji Astika, Loka Hita adalah salah satu istilah yang digunakan untuk menunjukkan sebuah cita-cita dunia yang harmonis, bahagia, sejahtera, yang dicapai melalui karma dharma, sewaka dharma,

pengabdian yang tulus, pelayanan kepada masyarakat, kedisiplinan, kejujuran, kepemimpinan yang berkarakter dharma, dan implementasi hubungan harmonis antara Tuhan, manusia, dan alam.

Dijelaskannya, Loka Hita berasal dari dua kata Loka dan Hita. Loka berarti tempat, dunia, jagat baik itu melingkupi makro dan mikro, sedangkan Hita dalam bahasa Sansekerta berarti keharmonisan, kebahagiaan, keselarasan.

Kata “Hita” juga diadopsi dalam satu mantra Tri Sandya yakni sarvapràni hitankara, keharmonisan, perlindungan semua makhluk di dunia.

“Istilah Loka Hita diadopsi dan diadaptasi sebagai sebuah akronim, menjadi bermakna Satu Loka, Satu Cita, mewujudkan Tabanan yang Anandam (Kebahagiaan Sejati),” jelasnya.

Adapun kiprah AA Ngurah Panji Astika, di antaranya;

– Ketua Asosiasi IPAL Indonesia (IpalINDO)
– Ketua Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kab. Tabanan
– Puskor Hindunesia Dekorda Tabanan
– Garda Tipikor Tabanan
– Ketua Umum Sabha Yowana Pratisentana Ida Bhatara Sira Arya Kenceng Tabanan

(*/KB)