Nusa Penida Surga Backpaker

Hiburan Pariwisata
Foto: Wisatwan asing saat menikmati pariwisata di Nusa Penida.

JAKARTA, Kilasbali.com – Nusa Penida yang menawarkan berbagai objek wisata kini menjadi surga bagi para wisatawan khususnya turis backpacker. Pasalnya, objek wisata yang ditawarkan di pulau yang berjuluk Telur Emas Bali ini sangat murah. Bahkan, pulau inipun menduduki peringkat I dalam Top 20 Best Destination for Backpacker to Visit in 2020 versi hostelworld.com.

Baca Juga:  Pemkot Denpasar Lakukan Verifikasi di Bidang Pariwisata

Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta mengatakan, perkembangan pembangunan di Nusa Penida sangat pesat. “Saya mengakui pertumbuhan pariwisata di Nusa Penida ini jauh lebih cepat dari kesiapan kita. Tidak hanya (persiapan-) infrastrukturnya yang kaget, SDM-nya pun ikut kaget,” ujar Suwirta seusai mengikuti acara penyerahan RUU Provinsi Bali di Jakarta, Kamis (5/12/2019) petang.

Foto: Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta.

Dikatakannya, untuk dari segi SDM khususnya para guide yang sekaligus driver perlu dibina, tentang etika dalam melayani wisatawan, termasuk juga mengatur kencangnya kendaraan saat menghantarkan tamu ke objek wisata.

Baca Juga:  Cok Ace Sebut Pariwisata Bali Dibuka Bertahap dan Terbatas

“Wisatawan itu sangat sensitif dengan isu. Untuk itu, mari kita bangun agar ke depan pariwisata di Nusa Penida tetap bertahan dan jika memungkinkan bisa kita tingkatkan,” tandasnya.

Sementara untuk infrastruktur yang kurang baik, pihaknya berharap agar para driver mampu menyiasati dengan mengatur laju kendaraannya.

“Jadi saya harap driver itu lebih berhati-hati dalam memacu kendaraannya, sehingga wisatawan itu nyaman dan aman,” pungkasnya. (jus/kb)

Baca Juga:  Ini Pergub Bali No 28/2020 tentang Tata Kelola Pariwisata Bali