Objek Wisata Candi Tebing Dipadati Wisatawan

Gianyar Hiburan Pariwisata
Foto: Objek wisata Candi Tebing Tegallinggah, Blahbatuh, Gianyar.

GIANYAR, Kilasbali.com – Pasca Candi Tebing Tegallinggah, Blahbatuh secara resmi di launching 27 September 2019 lalu, objek wisata inipun mulai dipadati wisatawan. Bahkan, beberapa orang telah ditugaskan Dinas Pariwisata Gianyar untuk menjadi pemandu.

Pemkab Gianyar pun telah memberlakukan tarif retribusi (tiket) kepada wisatawan yang berkunjung. Untuk tiket wisatawan mancanegara  dewasa  Rp30 ribu, anak-anak Rp15 ribu, sedangkan domestik dewasa Rp20 ribu dan anak-anak Rp10 ribu.

Petugas tiket dari Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, Ni Nyoman Karmiasih mengatakan, pengunjung sudah mulai ramai ketempat objek wisata ini. “Sejak dilaunching Jumat lalu wisatawan baik mancanegara dan nusantara sudah ada yang berkunjung ketempat ini,”kata Karmiasih, Selasa (8/10/2019).

Dikatakan, selain wisatawan, orang lokal sekitar Gianyar juga sudah mulai ramai mengunjungi objek wisata ini. Bahkan, banyak pula pasangan mengambil lokasi setempat untuk foto prawedding.

Untuk menuju Candi Tebing, wisatawan harus naik turun ratusan anak tangga. Kendatipun demikian, rasa pengunjung akan terbayar dengan pemandangan alam yang hijau dan sejuk. Tidak hanya itu, pengunjung juga disuguhi tambak ikan masyarakat di samping kanan dan kiri jalan menuju candi.

Setibanya di Candi Tebing, pengunjung akan melihat panorama eksotik di mana tebing-tebing yang ada ditepi sungai terdapat beberapa candi. Satu blok candi menempel di dinding sungai sebelah barat sungai dan juga di sisi timur.

Untuk menuju candi dinding sebelah timur, pengunjung sudah disediakan jembatan dari kayu. Dari atas jembatan, nampak air sungai yang jernih mengalir ke hilir. Suara gemersik air yang mengalir dari sisi-sisi candi di sebelah barat membuat suasana menjadi lebih indah. Bahkan, beberapa buah pancoran dari sumber mata air juga menambah keasrian objek wisata ini.  (ina/kb)