Operasi Yustisi Pencegahan COVID-19 di Kintamani, 13 Warga Terjaring

Bangli Hukum Sosial
Operasi Yustisi Pencegahan COVID-19 di Kintamani, 13 Warga Terjaring

BANGLI, Kilasbali.com – Operasi yustisi terus digencarkan dalam rangka pendisiplinan warga masyarakat terkait penyebaran COVID-19. Pada Minggu, (18/10/2020) kegiatan operasi yustisi gabungan yang melibatkan unsur TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bangli dilaksanakan di Pasar Singa Mandawa, Kintaman, Bangli

Danramil 1626-04/Kintamani Kapten Chb I Komang Gita mengatakan kegiatan operasi gabungan tersebut dilaksanakan dalam rangka mengimplementasikan Peraturan Gubernur Bali Nomor 46 Tahun 2020 dan Peraturan Bupati Bangli Nomor 39 Tahun 2020.

“Ada 44 personel yang diturunkan dalam kegiatan ini yang terdiri dari 10 orang TNI. Kemudian 10 orang dari Polri dipimpin oleh Iptu Suastika, Satpol PP ada 16 orang dipimpin oleh Cokorda, Dinas Perhubungan menurunkan 7 orang personel dipimpin oleh Kasidalops Supriyadi serta 1 orang dari Staf Kecamatan Kintamani,” sebut Danramil.

Baca Juga:  Warga Kertalangu Senang Dapat Berbagai Sosialisasi dari Satgas TMMD

Menurutnya, sasaran kegiatan pendisiplinan meliputi sasaran fisik untuk tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker, rajin cuci tangan dan menjaga jarak dalam kegiatan sehari hari

Sementara sasaran non fisik yaitu terwujudnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan dalam pencegahan COVID-19 serta memahami Peraturan Gubernur Bali Nomor 46 Tahun 2020 dan Peraturan Bupati Bangli Nomor 39 Tahun 2020.

Operasi yustisi gabungan yang berlangsung hampir selama 2 jam tersebut berhasil menjaring 13 orang warga masyarakat.

Baca Juga:  Kapendam Optimis TMMD ke-109 Bangkitkan Sektor Pertanian dan Pariwisata Bali

Diantaranya 8 orang salah penggunaan masker dan 5 orang tanpa masker. Sangsi yang diberikan berupa tindakan disiplin dan teguran simpatik.

8 orang yang salah menggunakan masker mendapat teguran lisan, sementara 5 orang yang tanpa masker mendapatkan teguran dan tecatat oleh Satpol PP.

“Kita berharap masyarakat untuk semakin taat, patuh dan bertanggung jawab melaksanakan protokol kesehatan menghadapi Pandemi COVID-19, yang semuanya demi kesehatan dan keselamatan kita semua,” pungkas Kapten Komang Gita. (jus/kb)

Baca Juga:  TMMD Ke-109 Kodim 1611/Badung Beri Sosialisasi Pertanian

Secara terpisah Dandim 1626/Bangli Letkol Inf I Gde Putu Suwardana , S.I.P. membenarkan bahwa kegiatan operasi yustisi kali ini dilaksanakan di wilayah Kintamani yang sudah diatur secara bergiliran sesuai jadwal oleh Kantor Satpol PP Pemerintah Kabupaten Bangli.

DandIm berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat akan semakin displin dalam menerapkan protokol kesehatan sehingga dapat menekan penyebaran COVID-19 di wilayah Bangli.