Orang Tua Sambut Baik Angkutan Siswa Gratis Beroperasi Kembali

Gianyar
Foto: Program angkutan siswa gratis kembali beroperasi

GIANYAR, Kilasbali.com – Setelah satu tahun lebih nganggur, para sopir angkutan gratis bagi siswa di Gianyar mulai ada harapan. Setelah Pemkab Gianyar memutuskan untuk mulai beroperasi kembali. Tidak hanya para sopir, para orang tua siswa pun menyambut baik, lantaran program ini dinilai sangat membantu para orang tua.

Senin(25/4/2021), hari pertama beroperasi lagi. Tampak sejumlah angkutan belum banyak yang terisi. Tidak seperti sebelum pandemi di mana banyak siswa yang memanfaatkan. “Ini karena belum banyak siswa ataupun orang tua yang mengetahui jika angkutan siswa gratis ini sudah beroperasi lagi,” ujar salah seorang sopir.

I Made Jagra, orang tua siswa di Peliatan, mengaku bersyukur angkutan gratis tersebut dioperasikan lagi. Hal ini bisa meringankan beban orang tua. “Kalau antar jemput, saya kewalahan. Syukur mobil angkutan siswa ini kembali beroperasi,” ungkapnya.

Baca Juga:  Idelogi Pancasila Cegah Radikalisme

Kepala Dinas Perhubungan Gianyar, I Wayan Suamba mengatakan, pengoprasian angkutan siswa gratis Gianyar Aman baru mulai hari ini setelah hampir setahun diberhentikan mengikuti situasi sekolah karena semua siswa belajar dirumahkan.

“Di hari pertama ini, memang belum banyak yang memanfaatkan. Apalagi belajar tatap muka ini belum semua sekolah menerapkan lantaran masih mencari pola,” ujarnya.

Dikatakanya, meski situasi masih belum normal, jumlah armada yang dioperasikan tidak ada pengurangan. Yakni 204 angkot dan 12 bus. Selain itu upah yang didapat oleh sopir juga tidak ada pengurangan. ” Tetap sama, rata sopir dapat Rp5 juta per bulan. Perhitungannya, sopir dibayar per kilometer rute yang dilalui,” jelasnya.

Baca Juga:  Jaya Negara Tinjau Posko Penyekatan Mudik, Mobilitas Pemudik Tahun Ini Turun

Sementara terkait prokes, setiap siswa diwajibkan memakai masker, dan menjaga jarak ketika ada di dalam angkutan. Para sopir juga telah diberikan arahan agar ikut mengawasi siswa. (ina/kb)