Pangdam IX/Udayana Kunker di Wilayah Kodim Buleleng

Buleleng
Pangdam IX/Udayana Kunker di Wilayah Kodim Buleleng

BULELENG, Kilasbali.com – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak meninjau ketahanan pangan maupun ketersediaan air bersih bagi masyarakat, serangkaian kegiatan kunker di Kabupaten Buleleng, Kamis (25/3/2021).

Kegiatan diawali dengan pelepasan 30 ekor Tukik di Pantai Penimbangan Desa Bakti Seraga didampingi Dandim 1609/Buleleng Letkol Inf Muhammad Windra Lisrianto dilanjutkan ke RST Tk. IV Singaraja untuk meninjau Vaksinasi Covid-19 bagi Purnawirawan dan Warakawuri Tahap II.

Usai melaksanakan peninjauan Vaksinasi, Pangdam melaksanakan penanaman pohon durian di Krisna Eco, Desa Tangguwisia, Kecamatan Seririt, serta meninjau lahan milik I Gusti Ngurah Anom (Ajik Krisna-red) yang ditanami kacang, dimana program penanaman ini merupakan kerjasama antara Kodim 1609/Buleleng dengan Ajik Krisna selaku pemilik lahan.

Baca Juga:  Dimaki Korban Diduga Jadi Pemicu YJ Habisi Dadong Minten

Saat berada di lokasi areal kebun kacang, yakni di Desa Pengulon Kecamatan Gerokgak, Pangdam mengatakan pihaknya telah berdiskusi dengan Ajik Krisna terkait kebun tersebut yang merupakan Pilot Project antara TNI bersama masyarakat sejak dua bulan yang lalu, dimana kebetulan Ajik Krisna punya lahan dan TNI bersama Rakyat yang merealisasikan.

“Rencananya kedepan kita akan kembangkan lagi, dimana lahan Ajik Krisna ada sekitar 23 hektar dan kita akan buka semaksimal mungkin untuk lahan kacang yang akan kita kerjakan lagi bersama TNI dengan masyarakat, sehingga nantinya bersama kelompok-kelompok masyarakat bisa juga ikut untuk menanam kacang,” ungkap Pangdam.

Menanggapi penuturan Pangdam, Ajik Krisna sangat mengapresiasi dan mendukung ide dari Pangdam. Pihaknya yang telah berkoordinasi sejak dua bulan yang lalu dengan Pangdam.

Baca Juga:  Dimaki Korban Diduga Jadi Pemicu YJ Habisi Dadong Minten

“Ini sudah terbukti, sudah kita tanami kacang beberapa hektar dengan target bulan depan sudah bisa kita panen. Kami juga sudah minta ijin dengan Bapak Pangdam untuk yang di Bali Utara bahwa Krisna dengan TNI dan masyarakat akan menanam kacang dengan target kurang lebih 23 hektar. Sekali lagi terimakasih Bapak Panglima,” ucap Ajik Krisna.

Baca Juga:  Libur Umanis Galungan, Warga Buleleng Nikmati Indahnya Pantai Penimbangan

Usai melaksanakan peninjauan terkait ketahan pangan, Pangdam IX/Udayana melanjutkan agenda Kunker di Dodiklatpur Rindam IX/Udayana, Pulaki. Di tempat latihan prajurit Infanteri tersebut, Pangdam memberikan pengarahan kepada para personel Dodiklatpur terkait dengan situasi pandemi Covid-19.

“Bahwa saat ini semua orang merasakan dampaknya, sehingga kita sebagai Prajurit harus dapat berperan baik di lingkungannya sendiri maupun turut berperan bersama masyarakat dalam penanggulangannya. Untuk itu yang terpenting adalah kita semua mengerti tentang apa itu Covid-19 terutama tentang protokol kesehatan,” jelas Pangdam. (Pendam IX/Udayana)