Pantai Pering dan Saba Hanya Jadi Wisata Alternatif Warga Lokal

Gianyar Hiburan Pariwisata
Foto : Pantai Pering-Saba potensi yang belum digarap maksimal

GIANYAR, Kilasbali.com – Pantai Pering dan Saba yang sebelumnya terkesan kotor, kini sudah terlihat bersih lantaran rajin diserbu pecinta lingkungan.

Namun sayang, pantai ini belum menyembul sebagaimana Pantai Keramas yang tancap gas, semakin dikenal dan dikunjungi wisatawan.

Kini, Pantai Pering dan Saba ini hanya dijadikan tujuan wisata alternatif oleh warga lokal disaat hari-hari tertentu saja.

Kendatipun awalnya dulunya sempat dijadikan tempat favorit kalangan remaja, namun, lantaran minimnya fasilitas umum.

Baca Juga:  Di Denpasar Naik Dokar Bisa Bayar dengan QRIS

Seperti tepat ganti pakaian, tempat berteduh hingga parkir yang terbatas, membuat pantai ini ditinggalkan. Bahkan terkesan kumuh karena banyak sampah kiriman yang menepi di bibir pantai.

Kendatipun kini kebersihan pantai ini sudah terjaga, namun masih saja diposisikan sebgai tujuan alternatif disaat hari-hari tertentu.

Camat Blahbatuh, Ida Bagus Dharma Yudha mengatakan, memang akan ada rencana untuk melakukan penataan pantai. Melihat bibir pantai yang di miliki pantai Pering-Saba sangat bagus berbeda dari pantai lainya yang ada di wilayah Gianyar.

Baca Juga:  Sukseskan Dana-Dipa, Mahayastra Ikut “Keroyokan”

“Saat tiang menjabat camat sudah ada rencana penataan tersebut, apa lagi batas-batas atara Desa Pering dan Desa Saba sudah jelas” ujarnya, Rabu (7/10/2020).

Dikatakanya, saat ini pantai berpasir hitam itu belum memiliki lahan parkir, sehingga pada saat pengunjung membludak akan terjadi kekroditan. Pada saat hari libur, lanjut dia, pengunjung yang datang sampai ratusan orang, bahkan pada hari-hari tertentu bisa mencapai ribuan.

“Rencananya, ada wantilan yang dibangun oleh AMD dulu sudah keropos kondisinya sudah tidak layak akan dirobohkan, tapi itu masih kami koordinasikan ke pengemong Pura Sukeluwih, kalau pengempon maunya diperbaiki tiang akan memfasilitasi juga,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pembangunan Puspem Gianyar Ditunda

Kedua desa pun (Pering-Saba) belum ada yang melakukan pungutan parkir kepada pengunjung, sehingga penataan pantai tersebut akan sangat mungkin dilakukan dengan melibatkan semua yang terkait.

Sementara dengan kedua perbekel yang membawahi pantai Pering-Saba sudah melakukan koordinasi terkait penataan itu. (ina/kb)