Pantai Ujung Barat Gianyar Akhinya Bakal Dipasang Krib

Gianyar
Pantai Ujung Barat Gianyar Akhinya Dipasang Krib

GIANYAR, Kilasbali.com – Meski sebagain besar pantai di Kabupaten Gianyar sudah dipasang krib (batu, red), namun masih ada beberapa pantai yang belum kebagian. Kondisi ini membuat warga pesisir was-was, mengingat abrasi di pesisir Gianyar ini terus mengganas.

Pantai Gumicik yang dulu belum tersentuh krib, akhirnya mendapat giliran dibangun krib. Pemasangan Krib ini pun dipastikan tersambung hingga perbatasan antara pantai Gianyar dan Denpasar, yang di bangun tahub ini sekitar 500 meter oleh Balai Wilayah Sungai Bali-Penida.

Proyek  pemasangan krib sudah dimulai sejak beberapa pekan lalu. Alat berat sudah mulai bekerja dengan material batu dan lainnya sudah masuk ke lokasi proyek.

Baca Juga:  Pemkot Denpasar - Kejari Resmi Kerjasama Bidang Perdata dan TUN

“Berapa anggarannya kami tidak tahu. Setahu kami itu proyek pusat yang panjangnya sekitar 500 meter menghubungkan tanggul pantai Denpasar-Gianyar,” ungap salah seorang warga Pantai Gumicik, Wayan Puja, Selasa (27/4/2021).

Untuk kepentingan nelayan, disebutkan  sudah disediakan ruang untuk sandaran perahu dan tempat laju perahu.

Atas pemasangan ini, Puja mengaku warga dan nelayan di Gumicik sangat senang. Terlebih, sebelumnya perahu nelayan dititipkan di pantai lain, mengingat di Pantai Gumicik tidak ada tempat.

Baca Juga:  Mobil Terbalik Hantam Pohon Kamboja, Astungkara Pengemudi Selamat

Selain akan dinikmati nelayan, tanggul pantai tersebut akan mengamankan lahan milik warga setempat, mengingat jarak pantai dengan bangunan warga sekitar 5 meter. Bahkan beberapa bangunan warga sebelumnya sudah tergerus ombak.

Puja juga mengatakan hasil tangkapan nelayan dominan ikan Lemuru dan sebagian kecil ikan Cakalan. Sedangkan ikan yang biasa ditangkap yang dikenal dengan Pindang Gumicik sangat jarang.

“Hasil tangkapan nelayan tidak banyak, namun masih bisa untuk memenuhi kebutuhan dapur,“ pungkasnya. (ina/kb)