Pastikan Penerapan Physical Distancing, Polisi Sambangi Kantong Duktang

Gianyar
Foto : Polisi saat menyambangi pemukiman pendatang dalam patroli penerapan physical distancing.

GIANYAR, Kilasbali.com – Polres Gianyar Beserta jajaran Polsek, terus mengencarkan patroli untuk menekan Pandemi Covid -19. Tidak hanya di siang hari, sejumlah tempat yang kerap dijadikan ngumpulnya warga di malm hari juga terus disambangi. Dalam beberapa hari terakhir, kantong-kantong penduduk pendatang yang kerap melaksankan acara berbuka bersama pun disambangi untuk memastikan penerapan physical distancing atau jarak fisik.

Seizin Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana, Kabag Ops Kompol I Wayan Latra mengungkapkan, pihaknya telah melakukan patroli siang maupun malam di sejumlah tempat kerawanan terhadap kesadaran masyarakat dalam menekan penyebaran virus Covid-19.

Baca Juga:  Astungkara, di Tabanan Positif Kumulatif 17 Orang dan 16 Sudah Sembuh

Syukurnya, sebut Mantan Kapolsek Blahbatuh ini, dari hasil pemantauan di sejumlah lokasi, pihaknya menilai kesadaran masyarakat sudah meningkat mengenai imbauan dari pihak pemerintah terkait protokol kesehatan yang rutin di sosialisasikan.

“Dari hasil pantauan di beberapa lokasi, seperti di tingkat pedesaan, sampai hunian perumahan sangat membanggakan dapat menunjukkan kesadaran masyarakat yang sudah meningkat terutama melindungi diri dari Covid -19. Bahkan tampak dijaga oleh masing-masing Satgas Gotong Royong Penanggulangan Covid-19 Desa/Kelurahan masing –masing,” tuturnya, Rabu (13/5/2020).

Baca Juga:  Tempat Relokasi Lebih Luas, Pedagang Pelataran Lebih Nyaman

Lanjutnya, Patroli kini lebih difokuskan pada jalan raya perkotaan bergerak secara perlahan menuju wilayah pedesaan khususnya perumahan sambil memutar suara imbauan berisi anjuran tetap di rumah saja untuk menghindari corona.

Saat malam hari, jajarannya juga menyambangi daerah Penghuni penduduk pendatang di daerah Semabuang hingga seputaran Kapten Dipta Gianyar.

Karena di malam suci Ramadhan ini, dikhawtirnya warga muslim kurang memperhatikan jarak dalam kegiatan berbuka puas bersama.

“Dalam satu pekan ini menunjukan tidak ada lagi kerumunan warga maupun pemuda di jam siang/malam seperti sebelumnya,” terang Kompol Latra lagi.

Baca Juga:  Update 24 Mei 2020, Positif 394 dan Sembuh 293 Orang

Tambahnya, Patroli bertujuan untuk memastikan tidak adanya warga melakukan aktivitas berkerumun, nongkrong-nongkrong, atau mencegah tindakan kriminal lainnya yang meresahkan masyarakat juga kegiatan adat terutama yang melibatkan massa banyak diimbau dan diadakan penggalangan.

Namun kali ini lebih terfokus pada kebijakan pemberlakuan patroli siang dan malam di tengah pandemi virus corona ini.

“Bila ditemukan warga yang nongkrong atau berkerumun tanpa tujuan yang jelas, kami langsung melakukan tindakan yang humanis untuk pembubaran,” pungkasnya. (ina/kb)