Patung Kapten I Wayan Dipta Mulai Digarap

Ekonomi Bisnis Gianyar
Foto: Proyek Patung Kapten Dipta mulai Digarap

GIANYAR, Kilabsali.com – Pandemi Covid-19 rupanya tidak manjadi hambatan dalam pelaksanaan sejumlah pembangunan proyek ikonik di Gianyar. Tak terkecuali pembangunan patung Kapten I Wayan Dipta di Simpang Butuan, Jalan Mandara Giri, Gianyar.

Pengerajaannya patung berketinggian 13,5 meter sudah mulai digrap. Direncanakan ikon baru kabupaten Gianyar ini akan rampung Desember 2021.

Pantauan, Selasa (3/8/2021), sejumlah pekerja mulai memasang pembatas proyek agar tidak mengganggu pemandangan. Dalam papan proyek, disebutkan nilai penataan sebesar Rp 4,466 miliar.

Baca Juga:  Tak Patut Ditiru, ABG Gerayangi Gadis yang Sedang Mandi

Bersumber dari APBD kabupaten Gianyar tahun 2021. Rekanan yang menggarap adlah PT. Sida Dadi Prakanti. Konsultan perencana PT. Tata Rencana Hijau. Sebagai konsultan pengawas PT. Kencana Adhi Karma. Dikerjakan selama 150 hari kelender.

Kepala Dinas Pekerjan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),  I Wayan Karya, membenarkan pemerintah saat ini sedang menggarap ikon baru kota Gianyar, Taman Patung Kapten I Wayan Dipta di pertigaan Buruan.

“Sesuatu rencana,  Patung ini sudah bisa dinikmati masyarakat pada Desember 2021,” jelasnya.

Baca Juga:  Kelurahan Sumerta Vaksinasi Massal Dosis Kedua Sasar 205 Warga

Dikatakanya total tinggi patung dari pendesral nantinya 13,5 meter. Rinciannya tinggi patung Rp6,5 M, tinggi pendestal patung Rp7 M, “Tinggi patung dan pendestal Rp13.5 M, ini sebagai ikon baru kota Gianyar,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Gianyar Made Mahayastra menyampaikan pembangunan patung Kapten I Wayan Dipta itu  merupakan salah satu langkah untuk menyerap aspirasi veteran di Gianyar. Aspirasi tersebut bahkan sudah dari zaman Bupati Cok Ace.

“Kami tata sepanjang jalan itu, dan juga dibangun Patung Kapten Dipta. Itu merupakan aspirasi dari zaman Bupati Gianyar Cok Ace (Tjokorda Oka Arta Ardhana Sukawati,Red), dan saya bangun sekarang,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Cok Ace Apresiasi Indonesia Marketeers Festival 2021

Sementara di areal patung juga akan dilengkapi dengan ATM centre, semua bank akan ada ATMnya di areal tersebut. Sehingga patung itu nantinya diharapkan akan menjadi kebanggaan dan Ikon Kota Gianyar. (ina/kb)