Pedagang Ikan Curi Uang dan Kuras ATM Korban

Peristiwa Tabanan
Foto: Terduga pelaku saat diamankan anggota Polres Tabanan.

TABANAN, Kilasbali.com – Tim Opsnal Sat Reskrim Unit 1 Polres Tabanan membekuk terduga pencurian uang yakni seorang pedangan ikan, Rehi Laja alias Laja, 35 asal Sumba. Selain mencuri uang Rp4,8 juta yang tersimpan dalam tas berikut isinya, terduga juga sempat menguras ATM korban sebesar Rp 9,3 juta.

Dari informasi yang dihimpun kilasbali pada Minggu (26/4/2020), peristiwa pencurian itu menimpa korban korban nama Ni Made Suastini, 48, yang berprofesi sebagai pedagang.

Pada saat itu, Jumat (28/02/2020) pukul 07.30 WITA, korban membuka warung di Banjar Dinas Kelaci, Desa Marga Dauh Puri, Marga, Tabanan, dan meletakan tas warna merah di atas kasur di kamarnya.

Di dalam tas itu berisi uang tunai sebesar Rp4,8 juta, 2 buah cincin emas berat total 4 gram, 1 buah HP merk Realme C2 warna hitam, 1 buah Buku tabungan BRI atas nama korban,1 buah ATM BRI milik korban berisi PIN ATM di tulis disecarik kertas, dan identitas lainya.

Baca Juga:  Polres Tabanan Amankan Dua Tersangka Pengedar Narkoba

Kemudian pukul 11.00 Wita saat korban bermaksud menyimpan uang hasil jualan ke dalam tas. Sayangnya, korban melihat tas miliknya yang semua di atas kasur sudah tidak ada (hilang). Korban kemudian mencari di seputaran warung namun tidak ditemukan.

Sadar tasnya raib, selanjutnya korban datang ke BRI Marga untuk memblokir ATM miliknya, setelah di chek oleh petugas BRI diketahui pada ATM miliknya sudah ada yang melakukan penarikan di beberapa tempat dengan total penarikan sebesar Rp 9,3 juta. Peristiwa itupun akhirnya dilaporkan ke polisi. Di mana akibat kejadian ini, korban mengaku rugi sebesar Rp 16,6 juta

Baca Juga:  Tri Hita Karana Jadi Landasan Internasional Rich 70 Tsinghua Southeast Asia Cloud Forum

Mendapat laporan tersebut, Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy Paca Sakti Siregar segera memerintahkan bawahannya melakukan penyelidikan, dimulai dari TKP untuk menyerap informasi dan mengumpulkan alat bukti di lapangan.

Sabtu, (25/4/2020) pukul 19.00 Wita, bawahannya berhasil mengungkap kasus tersebut, dan mengamankan terduga pelaku berikut menyita sejumlah barang bukti.

“Terduga pelaku yang diamankan di tempat tinggalnya di daerah Gadon, Kapal, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Di mana sehari hari berprofesi sebagai pedagang ikan, Ini telah ditangkap dan diamankan di Polres Tabanan,” tegasnya.

Dari tangan pelaku, pihaknya berhasil mengamankan barang bukti 1 unit HP merk Realme C2 warna hitam, 1 unit sepeda motor Yamaha Mio warna putih DK 4271 HK, buah sweter warna biru corak merah-orange bertuliskan Bima Distro, satu buah helm merk MRY warna abu-abu, 1 buah tas warna merah marun merk Faustin, 1 buah buku tabungan simpedes atas nama korban, dan 1 buah kartu berobat.

Baca Juga:  Operasi Yustisi di Tabanan, Tim Jaring 497 Pelanggar

“Saat dilakukan introgasi, terduga mengakui telah melakukan tindak pidana pencurian dimaksud, tim juga melakukan penggeledahan di kamar kost terduga, berhasil menemukan beberapa barang bukti sebagaimana tersebut,” jelasnya.

Dikatakannya, modus operandi, pelaku yakni memanfaatkan situasi warung dalam keadaan sepi, sehingga dengan mudah mengambil tas yang diletakan di atas kasur oleh korban kemudian kabur mengendarai sepeda motor yamaha Mio miliknya. “Untuk memudahkan proses Penyidikan terduga pelaku ditahan di Rutan Polres Tabanan,” pungkasnya. (jus/kb)