Peduli Warga Terdampak, Pramuka Kwarda Bali Serahkan Bantuan Sembako Melalui Kwarcab Klungkung

Klungkung
Foto: Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Bali, I Made Rentin saat menyerahkan sembako.

KLUNGKUNG, Kilasbali.com – Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali terus melaksanakan aksi kepedulian kepada masyarakat, terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19. Salah satu wujud nyata kepedulian Kwarda Bali, yakni menggalang bantuan paket sembako, yang nantinya akan diserahkan kepada warga terdampak Covid-19.

Kali ini, sebanyak 30 paket sembako diserahkan kepada Kwartir Cabang Klungkung, yang langsung didistribusikan kepada warganya yang membutuhkan (31/05/2020).

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Bali, I Made Rentin disela-sela pelaksanaan kegiatan ini mengatakan, Gerakan Pramuka Kwarda Bali telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 Kwarda Bali, yang selama ini telah aktif melaksanakan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Penyuluhan Hukum Kodim Bangli, Tumbuhkan Kesadaran Diri Prajurit

Diantaranya, penyemprotan disinfektan di sekolah-sekolah, fasilitas umum, termasuk wilayah kecamatan, desa/kelurahan, serta desa adat, beberapa kantor instansi vertikal dan Pemprov Bali.

Selain itu, Kwarda Bali memberikan dukungan paket pencegahan Covid-19, berupa hand sanitizer, masker, sabun cuci tangan dan bibit disinfektan, untuk mengedukasi masyarakat terkait penerapan pola hidup bersih dan sehat.

“Kali ini, Kwarda Bali memberikan bantuan sembako kepada masyarakat di Kabupaten Klungkung yang terdampak Covid-19, melalui Kwarcab Klungkung,” kata I Made Rentin.

Kata dia, 30 paket sembako ini nantinya akan didistribusikan oleh Kwarcab Klungkung, kepada warga yang membutuhkan.

Lebih jauh Made Rentin (yang juga Kalaksa BPBD Provinsi Bali) menjelaskan bahwa pembagian paket sembako tahap kedua yang dilakukan Kwarda Bali.

“Tahap pertama 20 paket tiap cabang diperuntukan bagi tokoh Pramuka, dan kali ini pun kami bagi rata 30 paket tiap cabang tapi sasarannya kepada warga,” tegasnya.

Baca Juga:  Volume Sampah di Denpasar Stabil

Penyerahan paket sembako melalui 8 Kwarcab lainnya, kata dia, direncakan Rabu 3 Juni 2020 dan juga akan menerima 30 paket sembako.

Di Semarapura 30 paket sembako dari Kwarda Bali, diterima langsung oleh Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Klungkung, yang juga adalah Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta.

“Kami mengapresiasi dukungan sembako untuk warga kami yang membutuhkan. Kwarcab Klungkung akan segera mendistribusikan bantuan paket sembako Kwarda Bali, ditambah dengan bantuan sembako hasil penggalangan Kwarcab Klungkung sendiri,” Kata I Made Kasta.

Baca Juga:  Gandeng KJG, BIN Bagi-bagi Masker di Ubud

Sebelumnya, pihak Kwarcab Klungkung sendiri telah melakukan aksi penggalangan bantuan paket sembako. Warga yang akan mendapatkan bantuan ini adalah mereka yang sebelumnya telah terdata dan melalui proses verifikasi.

Sementara itu, Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Kwarda Bali, Bagus Partha Wijaya mengatakan Relawan Pramuka Peduli Kwarda Bali akan terus bergerak dalam menghadapi pandemi Covid-19, untuk melaksanakan berbagai aksi kepedulian, sebagai wujud implementasi pengabdian masyarakat.

“Kedepan aksi yang dilakukan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali akan berlanjut keseluruh wilayah kwarcab lainnya di Bali, sehingga dapat memberikan sumbangsih bagi kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (jus/kb)