Pemkab Gianyar Beli 8 Unit Mobil Ops Senilai Rp5,6 M

Gianyar
Foto : Bupati Gianyar, mencoba fungsi Mobil Damkar baru, diantara 8 mobil Angkutan Operasional yang diserahkan ke masing-masing OPD.

GIANYAR, Kilasbali.com – Dalam situasi pandemi Covid-19, pelayanan terhadap masyarakat harus tetap berjalan maksimal. Karena itupula, Pemkab Gianyar tetap merealisasikan pembelian 8 unit kendaraan operasional baru dengan anggaran sebesar Rp 5,6 milyar lebih. Delapan unit kendaraan operasional ini terdiri dari 6 unit dump truk angkutan sampah, 1 mobil pemadam kebakaran dan 1 mobil sky life.

8 unit kendaraan ini langsung diserahkan oleh Bupati Gianyar, I Made Mahayastra ke masing-masing OPD di Halaman Parkir Kantor Bupati Gianyar, Selasa (12/5/2020) pagi.

Kepada awak media, Bupati Gianyar Made Agus Mahayastra menegaskan, pengadaan 8 unit mobil operasional dalam situasi pandemi Covid-19 ini, sudah sesuai dengan skala prioritas untuk kebutuhan mendesak. Sementara kendaraan dinas lain, semua sudah dikoreksi.

Baca Juga:  Perumda Tirta Sewaka Dharma Genjot Pembangunan Reservoar

“Kami sudah pertimbangkan dengan matang di tengah refocusing anggaran untuk pengadaan mobil operasional ini. Sementara untuk mobil dinas, mobil staf kami tiadakan. Mobil operasional ini memang prioritas dana sifatnya wajib,” tegas Mahayastra.

Selain diserahkan ke OPD terkait, ada 2 unit dump truk angkutan sampah yang diserahkan kepada Yayasan Bina Wisata Kelurahan Ubud dan Desa Melinggih Kelod.

Dari 6 dump truk, 4 untuk Dinas Lingkungan Hidup dan dua  untuk Yayasan Bina Wisata Ubud dan Desa Melinggih Kelod.

Baca Juga:  Peringati HUT Ke-75 TNI, Kodam IX/Udayana Gelar Donor Darah di 100 Kantor PMI Wilayah Provinsi Bali, NTB dan NTT

Sementara 1 unit Mobil Damkar untuk Satpol PP Gianyar, diproyeksikan untuk wilayah Gianyar utara. Mengingat, saat ini pos damkar baru ada di Kecamatan Sukawati, Ubud, dan Gianyar.

“Armada damkar ini, nantinya akan kita tempatkan dipos baru di bagian  utara,” jelasnya.

Sedangkan untuk mobil Sky Life, kata Mahayastra paling dibutuhkan karena selama ini pemerintah sering mendapat keluhan terkait padamnya lampu penerang jalan.

Selain itu, Mahayastra menyebut akan juga mengadakan mobil ambulans untuk menunjang operasional RS Payangan serta mobil dump truk air untuk pemeliharaan penataan taman kota.

Baca Juga:  Bagikan Masker Gratis, Yowana Ubud Ingatkan Prokes

Kepada penerima mobil operasional, Mahayastra berpesan agar dirawat dan dipergunakan dengan baik. Kebiasaan lalai dalam melakukan perawatan, jadi catatannya dan diharapkan dirubah.

“Saya serahkan dalam keadaan baru, ingat dicuci, dilap, ganti oli. Kalau ini terjadi kesalahan dalam perawatan, kepala OPD yang tanggungjawab,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Gianyar, I Made Arianta menjelaskan bahwa anggaran untuk pengadaan 8 unit kendaraan ini adalah sebesar Rp 5.622.800.000.

Terkait mobil angkutan sampah yang diserahkan pada yayasan dan desa, sepenuhnya dioperasikan oleh mereka. (ina/kb)