Pemkab Gianyar Pastikan Pasar Bona Dibangun 2020

Gianyar
Foto: Kondisi relokasi sementara Pasar Desa Bona.

GIANYAR, Kilasbali.com – Kepala Disperindag Gianyar, Ni Luh Gede Eka Suary memastikan bahwa Pemerintah Kabupaten Gianyar memprioritaskan pembangunan Pasar Bona, Blahbatuh pada tri wulan pertama di tahun 2020. Pihaknya memohon, para pedagang yang berjualan sementara di tempat relokasi diminta bersabar dan tidak gundah dengan infornasi lainnya.

Dirinya sangat memahami kondisi para pedagang saat ini dengan kondisi tempat relokasi yang kurang nyaman. “Karena melihat kondisi inipula bapak Bupati memberikan perhatian serius. Terlebih pasar desa ini sanagat vital bagi perekonomian dan kesejahteraan warga desa,” terangnya, Selasa (10/12/2019).

Diakui, awalnya Bupati Mahayastra awalanya berencana merenovasi ulang pasar, menggunakan APBN senilai Rp 6 miliar. Namun, karena bantuan tersebut tertunda, maka penganggarannya akhirnya dialihkan dengan menggunakan APBD dengan nilai Rp 3 miliar.

Eka Suary menegaskan, Bupati selaku pimpinan daerah ingin pasar itu cepat direnovasi. Oleh karena itu, tanpa dana dari pusat, pasar itu harus cepat dibangun lagi. ” Yang jelas, APBD induk 2020, sudah menganggarkan dan tri wulan pertama pembangunan fisik sudah bisa dilakukan,” ujarnya.

Untuk diketahui, rencana pembangunan Pasar Bona pasca kebakaran memang gagal dibangun pada tahun 2019 lantaran terkendala teknis di permohonan dana tugas pembangunan (TP) sebesar Rp 6 M dari Pemerintah pusat. Namun demikian, Pemkab Gianyar memastikan Pasar itu menjadi prioritas, bahkan akan dibangun pada tri wulan pertama tahun 2020. (ina/kb)