Pemkot Denpasar Gelar Sosialisasi dan Pendampingan Teknis Pembiayaan LPDB – KUMKM

Denpasar
DENPASAR, Kilasbali.com - Pemkot Denpasar menggelar Sosialisasi dan Pendampingan Teknis Pembiayaan Lembaga Pengelola Dana Bergulir dan Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) di Graha Sewaka Dharma, Denpasar pada Rabu (7/4/2021).

DENPASAR, Kilasbali.com – Pemkot Denpasar menggelar Sosialisasi dan Pendampingan Teknis Pembiayaan Lembaga Pengelola Dana Bergulir dan Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) di Graha Sewaka Dharma, Denpasar pada Rabu (7/4/2021).

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Kepala Satgas LPDB Jawa Timur, Aji Respati dihadiri 30 orang pengurus serta pengelola Koperasi se-Kota Denpasar.

Walikota Denpasar dalam sambutannya yang dibacakan Kadis Koperasi dan UKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadharma Sena mengatakan Koperasi memiliki peran sangat penting dan strategis dalam pemulihan ekonomi nasional dan daerah di era-pandemi covid 19 saat ini. Oleh karena itu kinerja menjadi kata kunci untuk mempertahankan image dan reputasi koperasi sebagai penggerak ekonomi kreatif.

Baca Juga:  Jaya Negara Terima 400 Sertifikat Tanah Asset Pemkot Denpasar dari BPN

Pemerintah terus berupaya melaksanakan program terpadu perluasan akses permodalan koperasi dan fasilitasi kemitraan. Inovasi pembiayaan melalui penyaluran dana bergulir diharapkan dapat menjangkau lebih banyak koperasi sehingga peran LPDB – KUMKM dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi Covid-19 dapat ditingkatkan.

Saya memberi apresiasi atas dilaksanakannya acara sosialisasi dan pendampingan teknis pembinaan LPDB – KUMKM. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah kota Denpasar yakni kota kreatif berbasis budaya menuju Denpasar maju, dengan program prioritas stimulus perekonomian , pelatihan tenaga kerja yang di PHK, fasilitasi pemberian modal kerja, e-marketplace dan pengembangan produk berstandar ekspor.

“Saya berharap jajaran direksi dan pimpinan LPDB – KUMKM berkenan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Denpasar dalam akses pembiayaan bagi koperasi sehingga Koperasi di Kota Denpasar dapat mempertahankan kinerja nya dan juga dapat berperan dalam pemulihan ekonomi daerah. Kepada para pengurus dan pengelola koperasi sebagai peserta sosialisasi dapat memanfaatkan ruang informasi dan komunikasi terhadap pembiayaan LPDB – KUMKM dan dengan seksama dan sungguh-sungguh sehingga akan terdapat 10 – 20 koperasi percontohan sebagai piloting kerjasama kota besar dengan LPDB – KUMKM,” sebutnya.

Baca Juga:  Terkonfirmasi Positif Bertambah 101 Orang

Sementara, Kepala Satgas LPDB Jawa Timur, Aji Respati mendukung langkah- langkah Pemerintah Kota Denpasar dalam meningktakan pertumbuhan ekonomi salah satunya stimulus akselerasi permodalan KUMKM ini.

“Hal ini penting dilakukan karena peran strategis Koperasi harus dimaksimalkan dalam pemulihan ekonomi nasional dan daerah di era-pandemi covid-19 saat ini,” ujarnya. (kb/rls)