Pemkot Denpasar Salurkan Sembako Sasar ODP, PDP dan Keluarga Pasien Positif Covid-19

Denpasar
Foto: Pembagian sembako Pemkot Denpasar.

DENPASAR, Kilasbali.com – Strategi perlindungan sosial dan ekonomi yang dirancang Pemkot Denpasar mulai direalisasikan. Guna memastikan terpenuhinya kebutuhan masyarakat terdampak Covid-19, khususnya yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang melaksanakan isolasi mandiri, Pemkot turut memberikan bantuan sembako yang diserahkan dengan metode Jemput Bola pada Rabu (15/4/2020).

Kadis Sosial Kota Denpasar, I Made Mertajaya menjelaskan, masyarakat yang berstatus ODP, PDP dan Keluarga Pasien yang positif Covid-19 secara otomatis tidak dapat keluar rumah lantaran melaksanakan isolasi mandiri yang diawasi oleh Satgas Covid-19.

“Hal ini sebagai implementasi penerapan strategi perlindungan sosial dan ekonomi serta lumbung pangan guna memastikan ketersedian pangan dan kebutuhan pokok bagi masyarakat terdampak Covid-19,” ujar Mertajaya.

Baca Juga:  Putus Mata Rantai Penularan, Dewa Indra Minta 'Tajen' Dihentikan

Lebih lanjut dijelaskan, penyerahan bantuan sembako yang terdiri atas Beras, Mie Instan, Gula, Minyak, Sarden dan Sabun ini menyasar seluruh ODP, PDP, OTG yang berada di Kota Denpasar yang totalnya berjumlah 329 orang terdampak. Selain sembako, keluarga yang berstatus ODP juga dilengkapi dengan bantuan masker dan sabun sebagai upaya untuk melindungi diri dan pencegahan dini penularan.

Baca Juga:  Pengukuhan Bendesa Adat Sesetan, Jaya Negara; Kota Berbasis Budaya Perlu Dukungan Desa Adat

Sementara Kabag Humas dan Protokol yang juga Jubir Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 Kota Denpasar Dewa Gede Rai mengatakan, pemberian bantuan ini menindaklanjuti arahan Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra.

“Bapak Walikota menginstruksikan kepada Dinas Sosial agar segera menyalurkan bantuan sembako keluarga pasien yang terdampak Covid 19. Dengan bantuan ini kami berharap meringankan beban keluarga dan dapat menciptakan keseimbangan sosial dan ekonomi di masyarakat selama penananganan Covid-19 ini,” kata Dewa Rai.

Baca Juga:  Perumda Tirta Sewaka Dharma Genjot Pembangunan Reservoar

Selebihnya pria asal Klungkung ini mengajak masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan diri mulai dari menggunakan masker, rajin mencuci tangan, penerapan PHBS, serta melaksanakan imbauan pemerintah secara disiplin dan bertanggungjawab. (sgt/kb)