Pendayagunaan Koramil Model, Libatkan 50 Personil

Tabanan
Foto: Rapat persiapan Pendayagunaan Koramil Model.

TABANAN, Kilasbali.com – Korem 163/Wirasatya dengan Kodim 1619/Tabanan menggelar rapat koordinasi terkait rencana kegiatan Pendayagunaan Koramil Model di Koramil 1619-04/Kediri, Kamis (5/3/2020).

Pasi Wanwil Ster Korem 163/Wirasatya, Mayor Inf Ariyanto menjelaskan, maksud dan tujuan rapat ini untuk menyamakan persepsi dan mempersiapkan segala sesuatu untuk mendukung kegiatan baik personel, materiil dan logistiknya.

“Tujuan Pendayagunaan Koramil Model sendiri adalah mewujudkan kemampuan Koramil Model untuk melaksanakan fungsi dalam rangka meningkatkan kemampuan apkowil dalam melaksanakan Binter,” ungkapnya

Kasdim 1619/Tabanan Mayor Inf Dewa Putu Oka menambahkan, kegiatan akan dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 16 – 20 Maret 2020.

“Kegiatan ini meningkatkan kemampuan Koramil Model sebagai satuan tingkat Koramil yang memberikan pelatihan dan edukasi kepada aparat teritorial di jajaran Korem163/Wirasatya,” tegasnya.

Sedangkan rencana Materi yang akan disajikan untuk menambah wawasan dan pengetahuan para aparat teritorial tersebut, yakni Pengetahuan Teritorial terdiri dari Sikap Ter, Lima Kemampuan Ter, Methode Binter, Teknik Puldata Ter, Ketatalaksanaan Binter.

Sementara itu, untuk Pengetahuan Militer Umum diantaranya Cara memberikan intruksi, Komunikasi Efektif dan Permildas dan Pengetahuan lainnya ada juga diberikan materi Pendukung diantaranya, Orgas Polsek, Orgas Camat dan Desa, UU NO 3 Th.2002 ttg Pertahanan, UU No 34 Th. 2004. ttg TNI, Netralitas TNI dan Pilkada Medsos dan Hoax, Pengetahuan ttg penanggulangan Bencana serta Kearifan Lokal.

“Pelibatan personil diambil dari perwakilan anggota Babinsa dari seluruh Kodim Jajaran Korem 163/Wirasatya dengan pelaku 40 orang dan Pendukung 10 orang,” tutup Kasdim. (jus/kb)