Pensiun Jadi Dewan, Ardana Buka Rumah Makan Lawar Kambing dan Kuwir

Badung
Foto : I Made Sudiana (tengah) bersama pemilik Warung Man Tamblun, I Nyoman Ardana (kiri).

MANGUPURA, Kilasbali.com – Pecinta kuliner masakan khas Bali khususnya lawar, kembali dimanjakan dengan hadirnya Rumah Makan Man Tamblun yang terletak di Jalan Raya Kapal, Sempidi, Badung.

Yang menarik dari olahan lawar ini adalah chef-nya yang merupakan seorang politisi yang pernah menjadi Anggota DPRD Badung pada 2014-2019 di Komisi I, yakni Nyoman Ardana.

Selain itu, yang unik dari lawar yang ia tawarkan ini adalah lawar dari olahan daging kambing dan kuwir. Di mana olahan dari masakannya itu, memiliki cita rasa tersendiri, dan patut untuk dicicipi.

Ardana mengaku, dirinya membuka rumah makan untuk menyalurkan hobi memasak, khususnya membuat adonan lawar.

“Saya sudah ada niat dari dulu untuk membuka usaha, tapi karena kemarin-kemarin masih fokus mengabdi ke masyarakat lewat politik, ya terpaksa tertunda. Tapi begitu usai menjadi dewan, saya baru bisa membuka usaha ini bersama keluarga,” tuturnya, Sabtu (26/10/2910).

Menurutnya, ia sengaja mengeloha daging kambing dan kuwir karena di sepanjang jalur Lukluk hingga Kapal, banyak rumah makan yang menjual babi guling saja sedangkan untuk olahan kambing bisa dikatakan hampir tidak ada.

Sekalipun ada, tambah Ardana, yang menjual menu olahan kambing di jalur tersebut hanya menjual sate saja, jadi menu lawar kambing sangat tepat berada di jalur Luluk – Kapal.

“Jujur saja saya sangat suka mebad apalagi dengan membuat lawar babi, tetapi saya melihat di wilayah Lukluk sampai Kapal hampir semua rumah makan bermenu babi, jadi saya buat saja rumah makan yang tampil beda yaitu lawar kambing dan kuwir,” ujar Ardana.

Dikatakannya, harga lawar kambing yang dijual olehnya cukup proposional yaitu Rp 45 ribu, sesuai dengan harga bahan bakunya yang cukup mahal.

Iapun memastikan, cita rasa makanan yang diolahnya itu, tidak akan mengecewakan, sebab harga menentukan kualitas. Hal tersebut terbukti beberapa pejabat dan politikus dari berbagai warna singgah kewarung Man Tamblun, bahkan rombongan pencinta mobil jeep pun singgah untuk menikmati lawar kambing Man Tamblun.

“Kalo dari harga warung saya bisa dikatakan tidak murah, hanya saja sesuai dengan pasar dan kualitas,” ucapnya.

Dari pantauan di warung ini, tampak Mantan Wakil Bupati, I Made Sudiana mampir untuk memesan makan lawar kambing Man Tamblun. Bahkan setelah selesai makan Sudiana pun memesan lagi untuk dibungkus dibawa pulang. “Karena rasa lawar kambing Man Tamblun sangat enak, saya tambah lagi memesan untuk keluarga di rumah,” akunya.

Tidak hanya Sudiana saja yang datang, Mantan Anggota DPRD Provinsi I Nengah Tamba bersama istrinya juga sempat menyinggahi Warung Man Tamblun, sebelum pulang ke kampung halamannya Kabupaten Negara. (KB)