Pentingnya Bela Negara

Jembrana Tokoh
Workshop Peningkatan Wawasan Kebangsaan Bagi Guru

JEMBRANA, Kilasbali.com – Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, S.sos., memberikan materi wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada para guru dalam Workshop Peningkatan Wawasan Kebangsaan Bagi Guru, Rabu (30/09/2020).

Workshop yang berlangsung di rumah makan “PUAS”, Kelurahan Banjar Tengah, Negara diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana mengambil tema “Melalui Pemahaman Wawasan Kebangsaan Kita Perkokoh Persatuan Dan Kesatuan Bangsa”, serta dihadiri oleh para Guru Agama SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Jembrana.

Dandim Jembrana menyampaikan terima kasih karena diberi kesempatan sebagai narasumber dalam acara workshop para guru agama ini.

Dalam pemaparannya, Dandim menyampaikan pentingnya bela negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca Juga:  Hadapi Pandemi, Putri Koster Ajak Berpikir Positif

Menurutnya, bela negara merupakan tanggung jawab seluruh warga negara hal tersebut secara formal telah diatur dalam undang-undang dan tercantum dalam Pancasila.

“Kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya, maka sebagai warga negara harus mampu menjaga Indonesia dengan cara menjaga Pancasila, Kebhinekaan, semangat persatuan, kesatuan, kemanusiaan dan menjaga toleransi dalam kehidupan sehari-hari,” papar Dandim.

Semangat dan sikap bela negara lanjut Dandim, tidak hanya dilakukan melalui peperangan yang menghasilkan kemerdekaan saja, akan tetapi dalam konteks saat ini dapat ditunjukan dengan menampilkan perilaku-perilaku dan sikap yang sesuai dengan kerangka ideologi dan konstitusional Bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga:  Mantan Pekerja DKP Denpasar Tergolek Lemah, Amerta Ulurkan Tangan

Tegas dia, wujud bela negara bisa dilakukan sesuai profesi masing- masing, seperti menjadi guru, pelajar, dokter, atlet dan lainnya.

“Mengisi kemerdekaan dapat dikatakan sebagai usaha bela negara, sebab melalui usaha-usaha positif dalam mengisi kemerdekaan dapat membuat keberlangsungan Indonesia sebagai sebuah negara dapat tetap dipertahankan dan senantiasa mampu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah kerasnya tantangan globalisasi yang justru mengikis rasa kebangsaan dan kecintaan warga negara terhadap tanah airnya,” jelas Dandim

Baca Juga:  Dandim Jembrana: Sebagai Apkowil Harus Mempunyai Kemampuan Yang Handal Dalam Tugas Kewilayahan

Di sela sela pemaparan materi Dandim juga kembali menekankan kepada peserta workshop yang hadir mengenai pandemi Covid-19.

“Saat ini agar selalu mematuhi aturan pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan dengan langkah 3 M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak guna mencegah dan memutus penyebaran Covid-19 di Jembrana,” pungkasnya. (jus/kb)

“Tolong bantu sosialisasikan pentingnya protokol kesehatan kepada para murid ibu bapak sekalian, paling tidak saat ini para murid agar tetap berada di rumah dan belajar dari rumah sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah ” tegas Dandim.