Pentingnya Kesehatan Reproduksi

Jembrana Pendidikan Sosial
Penyuluhan TMMD Ke 110 Kodim Jembrana tentang Kesehatan Reproduksi

JEMBRANA, Kilasbali.com – Kepedulian TNI dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat diimplementasikan dengan memberi tambahan wawasan kepada warga tentang kesehatan ibu dan anak atau KIA.

Melalui kegiatan sasaran non fisik pada program TMMD Ke 110 Kodim 1617/Jembrana, Jumat (19/03/2021) malam, Ibu-Ibu PKK Banjar Sawe, Desa Batuagung, diberikan penyuluhan atau sosialisasi tentang KB Kesehatan yang berlangsung di Balai Tempek Lumbung Sari, Banjar Sawe dengan menghadirkan nara sumber dari Dinas PPPA- PPKB Kabupaten Jembrana.

Di hadapan Ibu-Ibu PKK yang hadir nara sumber menjelaskan tentang fungsi keluarga sebagai benteng ampuh untuk mencegah permasalahan kesehatan, termasuk kesehatan reproduksi, siklus hidup manusia serta metode kontrasepsi jangka panjang.

Baca Juga:  Kenaikan Pangkat Sebagai Wujud Penghargaan Negara

Selain hal tersebut dijelaskan pula hak-hak reproduksi di antaranya menentukan jumlah anak dan jarak kelahiran serta hak membangun dan merencanakan keluarga.

Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, S.sos., menuturkan pemberian penyuluhan KB Kesehatan merupakan salah satu kegiatan dalam mencapai sasaran non fisik TMMD Ke 110 Kodim 1617/Jembrana.

Dalam pencapaian sasaran non fisik tersebut Satgas TMMD telah memberikan penyuluhan maupun sosialisasi kepada warga.

Baca Juga:  Bupati Sanjaya Road Show Pantau Pelaksanaan Vaksinasi di Beraban, Jatiluwih dan Candi Kuning

“Beberapa penyuluhan dalam sasaran non fisik telah dilaksanakan dan kegiatan tersebut akan terus berlanjut hingga TMMD berakhir,” ungkap Dandim Jembrana.

Dirinya mengungkapkan penyuluhan dan sosialisasi KB Kesehatan merupakan salah satu wujud komitmen TNI bekerja sama dengan instansi terkait dalam menjaga kesehatan ibu dan anak dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat mengingat pertumbuhan jumlah penduduk sangat mempengaruhi ketahanan sebuah negara.

“Semoga dengan adanya penyuluhan KB Kesehatan ini, Warga Banjar Sawe memiliki tambahan wawasan dalam pengaturan jenjang kelahiran anak, bagaimana cara dan manfaat KB Kesehatan untuk keluarga,” harap Dandim Haruna.