Penuhi Target, DTW Ulun Danu Beratan Undang Guide

Pariwisata Tabanan
Foto: DTW Ulun Danu Beratan.

TABANAN, Kilasbali.com – Momen akhir tahun menjadi harapan terakhir pihak DTW Ulun Danu Beratan untuk memenuhi target kunjungan wisatawan ke objek wisata yang menghandalkan keindahan danua dan pura ini.

Manager DTW Ulun Danu Beratan, I Wayan Mustika mengatakan, dalam momen akhir tahun nanti, pihaknya berencana akan menggelar open house yang diperuntukkan bagi para guide.

Menurutnya, dengan mengundang para guide, diharapankan dapat mendatangkan labih banyak lagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegaea.

“Menggelar open house dengan para guide ini merupakan hal baru atau baru kali pertama digelar tahun ini,” ujarnya, Rabu (30/10/2019).

Dikatakannya, ajang ini sebagai ungkapan terima kasih atas peranserta para guide dalam mempromosikan DTW Ulun Danu Beratan kepada para wisatawan.

“Dengan rencana ini, kami harapkan para guide bisa lebih banyak lagi mengantarkan tamu untuk datang berkunjung,” harapnya.

Sementara terkait festival Ulun Danu Beratan ke V/2019 yang telah di tutup pada Minggu (27/10/2019) lalu, diakuinya hanya mampu rata-rata mengantongi angka kunjungan maksimal 4,758 per hari.

Kondisi tersebut tak sesuai dengan target kunjungan yang diharapkan Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti dari ajang yang menyedot dana hingga Rp 1,5 miliar ini.

Di mana Bupati Eka menargetkan angka kunjungan dalam festival mencapai 5.000 orang per hari.

Namun, realisasinya belum bisa mencapai target, mengingat selama empat hari festival angka kunjungan berada di bawah angka tersebut.

Kendatipun demikian, Mustika mengaku jika dibandingkan dengan kunjungan hari biasanya yang berada dikisaran 2.500 orang per hari, kedatangan wisatawan yang berkunjung pada ajang festival mengalami lonjakan signifikan.

“Di hari pertama kunjungan wisatawan yang tercatat mencapai 3.499 orang, lanjut hari berikutnya naik menjadi 3.567 orang, pada hari ke tiga naik menjadi 3.836 orang, dan pada hari penutupan festival mencapai 4.758 orang per hari,” ungkpanya.

“Jadi, selama empat hari kegiatan festival total kunjungan wisatawan mencapai 15.660 orang,” tandasnya. (kb)