Penutupan Apel Datsat, Pangdam : Jadilah Pemimpin Yang Selalu Tampil dengan Keteladanan dan Didambakan

Denpasar
Penutupan Apel Datsat, Pangdam : Jadilah Pemimpin Yang Selalu Tampil dengan Keteladanan dan Didambakan

DENPASAR, Kilasbali.com – Sebagai seorang pimpinan, harus mengenal dan mengetahui secara utuh peran, tugas dan fungsi yang ditetapkan terhadap satuan yang dipimpin, maka akan dapat merespon dengan baik setiap permasalahan yang ada di satuan guna mencarikan solusi yang tepat sekaligus mengembangkan potensi yang ada melalui pembinaan satuan.

Demikian disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, saat menutup Apel Dansat Tersebar Kodam IX/Udayana TA. 2021 yang dihadiri sekitar 85 orang peserta, di Denpasar, Rabu (31/3/2021).

Apel Dansat yang dilaksanakan selama dua hari tersebut, memberikan perhatian khusus terkait dengan kemampuan seorang pemimpin untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan dan melaksanakan pembinaan satuan dan wilayah menjadi lebih baik, dengan memberikan ketauladanan bagi anggotanya serta dapat memberikan solusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat sekitarnya.

Baca Juga:  Beralasan Lupa Menggunakan Masker, Tim Yustisi Kota Denpasar Jaring 6 Orang Pelanggar

“Apel Dansat merupakan suatu hal yang sangat positif bagi Komandan Satuan, untuk membangun profesionalisme keprajuritan dan sangat membantu para Komandan Satuan dalam menyelesaikan tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks,” ujar Pangdam.

Pangdam juga memberikan beberapa arahan dan kebijakan yang merupakan implementasi dan gambaran dari kebijakan Komando atas tentang kompleksitas tugas dengan berbagai peluang dan kendala yang akan dihadapi.

“Pedomani dan dilaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dengan memantapkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam diri Prajurit, implementasikan ilmu kepemimpinan lapangan untuk menghadapi dinamika dan tantangan tugas yang semakin kompleks”, tegas Pangdam

Baca Juga:  Tim Advokasi Penegak Dharma Laporkan Istiqomah TV Atas Dugaan Penodaan Agama Hindu

“Hadirlah sebagai pemimpin yang senantiasa tampil dengan keteladanan, kepedulian dan selalu didambakan kehadirannya oleh anak buah serta masyarakat sekitarnya karena hal itu merupakan kunci keberhasilan dalam pembinaan satuan dan keberhasilan dalam pelaksanaan tugas”, ungkap Pangdam.

Terkait dengan kondisi saat ini, Pangdam tetap mengingatkan kepada seluruh jajarannya untuk tetap menjadikan perhatian khusus tentang penanganan Covid-19 serta ketahanan pangan. Diharapkan agar para Dansat benar-benar menegakkan pendisiplinan protokol kesehatan di masing-masing satuan guna mencegah terjadinya penyebaran penyakit tersebut, baik di lingkungan satuan, asrama maupun di medan latihan.

Turut hadir pada acara penutupan Apel Dansat tersebut diantaranya Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Danrindam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, LO AL, LO AU, para Dan/Kabalak satuan jajaran Kodam IX/Udayana dan jajaran Korem 163/WSA, serta secara terpisah melalui Video Comference (Vidcon) diikuti oleh Danrem 161/WS, Danrem 162/WB, Danbrigif 21/Komodo serta para Dan/Kabalak satuan jajaran Korem 161/WS dan 162/WB. (Pendam IX/Udayana)