Perayaan Tahun Baru Saka Kali ini Kembali Tanpa Lomba Ogoh-ogoh

Ceremonial Denpasar Seni Budaya
Ogoh-ogoh
  • Pelantikan Bupati Jembrana

  • Pelantikan bupati tabanan 2021
  • Pelantikan bupati tabanan 2021
  • Pelantikan bupati tabanan 2021

DENPASAR, Kilasbali.com – Kadis Kebudayaan Kota Denpasar I Gusti Ngurah Bagus Mataram mengatakan tahun ini Pemkot Denpasar rencananya tidak menggelar lomba ogoh-ogoh.

Hal ini juga sesuai dengan edaran dari MDA Provinsi Bali seperi tahun lalu, karena saat ini situasi pandemi covid-19 masih belum berakhir.

“Semuanya kita pending (tunda, red) untuk tahun ini,” ucapnya saat ditemui Senin (22/2/2021).

Baca Juga:  DP3AP2KB Gelar Sosialisasi Desa/Kelurahan Layak Anak Tahun 2021

Mataram mengatakan ogoh-ogoh tahun lalu masih disimpan di banjar-banjar dengan perkiraan pandemi tahun ini sudah selesai.

Kadis Kebudayaan Kota Denpasar I Gusti Ngurah Bagus Mataram 

Tapi kenyataannya pandemi masih melanda hingga kini, sehingga tidak ada lomba ogoh-ogoh dan parade ogoh-ogoh seperti yang direncanakan sebelumnya.

“Jadi untuk tahun 2021 perayaan Tahun Saka 1943 kita untuk lomba ogoh-ogoh, parade ogoh-ogoh ditiadakan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Wabup Sanjaya Dilantik Sebagai Bupati Tabanan Periode 2021-2024

Ia juga menyatakan, untuk dana pembinaan juga ditiadakan. Sementara ogoh-ogoh yang tahun lalu sudah dibuat agar tetap dijaga, karena tidak mungkin membuat yang baru lagi, sedangkan untuk alokasi dana, saat ini difokuskan untuk membantu gugus tugas dalam penanganan covid-19.

“Untuk selanjutnya di perubahan akan melihat situasi dan kondisi ya, karena pelestarian budaya berupa ogoh-ogoh ini harus tetap kita lestarikan. Tapi kita tetap harus mengikuti situasi dan kondisi. Kalau bagus kondisinya kemungkinan selanjutnya akan ada,” pungkasnya.(sgt/kb)