Percepat Kesembuhan Pasien Covid-19, 21 Orang Siap Jadi Pendonor Plasma Konvalesen

Klungkung News Update
Screening sample darah di Makodim Klungkung

KLUNGKUNG, Kilasbali.com – Sejumlah warga yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 melaksanakan screening sample darah yang dilaksanakan di Makodim 1610/Klungkung, Rabu (30/09/2020). Selanjutnya, akan melaksanakan donor plasma konvalesen yang direncanakan pada Kamis (01/10/2020).

Dandim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon menegaskan, pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke 75 TNI Tahun 2020.

“Dengan kegiatan screening sample hari ini diharapkan diketahui terlebih dahulu kelayakan pemenuhan syarat kesehatannya sebelum melaksanakan donor plasma konvalesen,

Baca Juga:  Aktifkan Ronda Malam, Pemecutan Kelod Intensifkan Patroli Ajak Warga Disiplin Prokes

sehingga nantinya anti bodi yang didapatkan merupakan yang terbaik yang nantinya dapat dimanfaatkan membantu saudara kita yang saat ini masih sakit karena Covid-19, masih dalam perawatan,” jelas Dandim.

Dandim juga menekankan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai prosedur yang menjadi pedoman dalam kondisi pandemi seperti saat ini.

“Memakai masker yang benar, jaga jarak dan cuci tangan dan pengukuran suhu tubuh wajib kita lakukan,” sebutnya.

Baca Juga:  Di Denpasar, Pasien Sembuh Bertambah 19

Dikatakannya, pelaksanaan sreening diikuti oleh beberapa warga yang sembuh dari Covid-19 yang secara sukarela bersedia menjadi pendonor plasma konvalesen.

“Mereka semua adalah warga atau penyitas yang dengan kesadaran sendiri melalui imbauan para Babinsa yang berada di lapangan saat ini siap untuk menjadi sukarelawan,” kata Dandim.

Adapun warga tersebut, berasal dari wilayah Kodim 1610/Klungkung sebanyak 13 orang, wilayah Kodim 1623/Karangasem sebanyak 5 orang dan dari wilayah Kodim 1626/Bangli sebanyak 8 orang.

Baca Juga:  Kabar Baik, Pasien Sembuh di Denpasar Bertambah 41 Orang

Dalam pelaksanaan pengambilan sample darah dilakukan oleh Tim UTD PMI Kabupaten Klungkung. Nantinya setelah dilakukan uji laboratorium dan dinyatakan memenuhi syarat maka warga tersebut dinyatakan layak melaksanakan donor plasma kovaselen.

Setelah dilaksanakan uji laboratorium hasil screening dari 26 orang yang terdaftar yang memenuhi syarat untuk diambil sebagai pendonor plasma konvalesen sejumlah 21 orang sementara 2 orang sebagai pendonor biasa. (jus/kb)