Percepat Pelayanan Vaksin, Pemprov Bali Tambah Pos Layanan Vaksin

Denpasar News Update
Percepat Pelayanan Vaksin, Pemprov Bali Tambah Pos Layanan Vaksin

DENPASAR, Kilasbali.com – Pemprov Bali akan menambah pos layanan vaksinasi guna mempercepat proses vaksin Covid-19 di masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra, Minggu (7/3/2021).

Menurut Dewa Indra kegiatan vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan sudah dituntaskan di Provinsi Bali baik di semua Kabupaten maupun Kota yang ada di provinsi Bali.

“Bahkan capaian kita sudah melampaui dari nakes yang teregistrasi. Nakes yang teregistrasi di Bali berjumlah 36.800-an sementara kita sudah memvaksin 38.000 lebih,” ucapnya.

Baca Juga:  Pameran IKM Bali Bangkit II, Putri Koster Ajak Perajin Jaga Kualitas dan Warisan Leluhur

Jumlah nakes yang divaksin lebih dari yang diregistrasi menurut Sekda Dewa Indra karena data akan berkembang terus.

Setiap bulan dan tahun pasti ada penambahan jumlah tenaga kesehatan. Contoh Fakultas Kedokteran yang baru menamatkan tenaga dokternya.

Ia menambahkan vaksin yang kedua ini sebenarnya diprioritaskan untuk ibu kota Provinsi yaitu Kota Denpasar.
Tahap kedua ini akan menyasar lansia.

“Ini sudah kita jalankan tetapi progress nya agak lambat,” jelasnya.

Aturannya kalau lansia, vaksinasi harus di faskes, seperti Puskesmas atau rumah sakit. Karena lansia ini kelompok yang beresiko sehingga kalau terjadi sesuatu cepat ditangani.

Baca Juga:  Demi Keamanan dan Kenyamanan, Masyarakat Diharapkan Gunakan Aplikasi Transportasi Legal

“Tapi kami evaluasi progress vaksinasi lansia ini, progressnya lambat. Sementara vaksin yang tersedia masih tersisa cukup banyak. Oleh karena itu maka kita lakukan pengembangan sasaran vaksinasi. Jadi untuk lansia berjalan, kemudian kita kembangkan untuk kabupaten/kota daripada vaksinnnya nganggur menunggu lansia maka ini kita distribusikan ke Kabupaten/Kota. Dan kabupaten/kota juga melaksanakan vaksinasi,” bebernya.

“Kita di Denpasar ini juga melakukan percepatan-percepatan. Karena di Denpasar agak lambat maka kami di provinsi membantunya, karena Denpasar ini kan milik kita juga semua. Kami dari provinsi membantu membuka pos-pos layanan vaksinasi,” imbuhnya.

Baca Juga:  Pantau Prokes di Jalan Diponogoro, Tim Yustisi Temukan 9 Pelanggar 

Ia juga menjelaskan beberapa pos yang dibuat seperti di Nari Graha, RS PTN Unud, dan FK Unwar.

“Nanti hari Senin (8/3) kami buka di Fakultas Kedokteran Universitas Warmadewa. Tujuannya adalah untuk percepatan, supaya lebih banyak lagi warga masyarakat kita yang bisa divaksin,” tutupnya.(sgt/kb)