Perpanjangan Izin Tak keluar, Yayasan Tulus Darma Wiarta “Mesadu” ke Sekda Bali

Denpasar
Foto: Pemilik Yayasan Tulus Darma Wiarta (ODGJ) saat mengadu kepada Sekda Bali.

DENPASAR, Kilasbali.com – Setahun lebih sejak Juli 2018 lalu, Yayasan Tulus Darma Wiarta yang terletak di Banjar Pande Blahbatuh telah mengurus perpanjangan izin ke Pemerintah Kabupaten Gianyar. Namun sayang, perpanjangan izin yayasan yang bergerak merawat orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) itu belum juga keluar.

Hal tersebut pun disampaikan Pemilik Yayasan Tulus Darma Wiarta (ODGJ) Kadek Wiranata kepada Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Putu Indra saat penyerahan bantuan sosial di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Tat Twam Asi di Denpasar, Selasa (2/10/2019). “Saya mohon bapak Sekda bisa membantu agar mempercepat izin saya keluar,” harapnya.

“Satu tahun lalu izin saya mati, dan sudah saya urus langsung ke Kabupaten Gianyar. Tapi jawabannya terus entar dulu, entar dulu. Saya kesana sudah berkali-kali sampai saya males,” tambahnya.

Menurutnya, yayasan miliknya itu berdiri sejak 2013, dan sejak dua tahun lalu telah dibantu Prof. Suryani yang kini menangani 9 orang binaannya, dan juga memberikan obat serta suntikan anti agresif. “Binaan saya ada 37 orang,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Sekda Dewa Indra bernjanji akan menjembatani permasalahan tersebut. “Saya tidak tahu dipersulit atau tidak. Yang jelas hingga hari ini perpenjangn izin belum keluar. Saya tidak tahu kendalanya apa,” kata Sekda.

Sekda pun meminta salinan arsip yang telah diajukan. “Nanti saya akan komunikasi dengan pemerintah setempat. Apa ada yang kurang atau apa ada konflik regulasinya atau seperti apa. Yang jelas saya akan minta arsipnya, dan saya koordinasikasn,” tegasnya.

“Dalam pikiran kita ada orang yang menunjukan kepedulian kemanuisan kenapa tidak kita bantu. Mudah-mudahn ini tidak dipersulit,” ujarnya seraya memerintahkan Kadis Sosial Bali untuk menjembatani hal tersebut. (jus/kb)